Find Us On Social Media :

5 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka di Wajah, Tersedia di Apotek

Cobalah 5 rekomendasi salep penghilang bekas luka di wajah berikut ini, bisa didapatkan di apotik.

GridHEALTH.id – Bekas luka menjadi cara alami tubuh menyembuhkan dan mengganti kulit yang hilang atau rusak, sekaligus dapat terjadi di lokasi yang berbeda-beda, termasuk di wajah.

Seringkali bekas luka di wajah nampak mengganggu penampilan dan inilah yang menyebabkan seseorang ingin menghilangkannya untuk mendukung penampilan yang maksimal.

Kenali berikut ini 5 rekomendasi salep penghilang bekas luka di wajah yang bisa digunakan dan tersedia di apotek.

Kondisi Bekas Luka dan Penyebabnya

Ada beragam jenis bekas luka yang mungkin dialami oleh setiap orang, berikut ini diantaranya:

- Bekas luka hipertrofik

Ini menjadi jenis bekas luka yang paling umum, dimana kondisinya terlihat terangkat di atas permukaan alami kulit langsung di atas lokasi luka.

Baca Juga: 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Selama Bulan Puasa, Telur Salah Satunya

Jaringan berkembang selama beberapa minggu setelah cedera awal. Tampak merah dan terangkat di samping kulit yang sehat dan terkadang memudar secara alami.

- Bekas luka kontraktur

Kondisi bekas luka ini biasanya terbentuk akibat terbakar, jaringan parut kontraktur ini seringkali lebih kencang dan kurang dapat digerakkan dibandingkan jaringan di sekitarnya.

Bekas luka ini bahkan dapat memengaruhi fungsi otot dan saraf, hingga membatasi jangkauan gerak.

- Bekas luka keloid

Bekas luka lainnya adalah keloid, yang muncul sebagai jaringan yang tidak beraturan dan membentuk lesi yang tebal dan bulat.

Biasanya bekas luka ini melampaui batas asli dari luka dan dapat berkembang selama 12 bulan sejak cedera awal, terlihat lebih gelap dari kulit sekitarnya. Kondisi ini terjadi sebagai respons penyembuhan yang terlalu aktif.