Find Us On Social Media :

Titik Pijat Ibu Hamil Masuk Angin, Ini Penjelasan Lengkapnya

Berikut ini beberapa titik pijat ibu hamil masuk angin untuk meredakan gejalanya.

GridHEALTH.id – Ibu hamil yang mengalami masuk angin memang bukan hal mudah untuk dilewati, bisa membuat ibu hamil jadi sulit tidur dan makan.

Untuk mengurangi gejala ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pijatan. Kenali berikut ini titik pijat ibu hamil masuk angin yang bisa diterapkan.

Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Gejala Ibu Hamil Masuk Angin

Satu-satunya gejala yang harus diwaspadai adalah demam pada ibu hamil masuk angin. Hal ini karena pada awal kehamilan, demam dapat meningkatkan risiko cacat lahir tertentu.

Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika ibu hamil mengalami demam saat masa kehamilan, meski biasanya masuk angin tidak disertai dengan demam.

Beberapa gejala ibu hamil masuk angin selain demam adalah batuk, tenggorokan gatal, hidung meler. Sedangkan gejala lainnya adalah badan terasa sakit, sakit kepala, kelelahan, muntah, hingga diare.

Penyebab Ibu Hamil Masuk Angin

Saat sedang hamil, untuk sementara memang ada perubahan dalam beberapa aspek yang terjadi pada fungsi sistem imun tubuh, tujuannya untuk dapat melindungi tumbuh kembang janin.

Akan tetapi perubahan ini tidak membuat ibu hamil terlindungi secara pasti dari infeksi, termasuk masuk angin. Perubahan imunitas ini juga tidak terjadi hanya sekali, namun berkembang selama kehamilan.

Saat ibu hamil masuk angin disebutkan oleh CDC tidak akan membahayakan kondisi janin, karena janin dilindungi oleh sistem imun sang ibu, sistem imun dirinya sendiri, dan plasenta.

Titik Pijat Ibu Hamil Masuk Angin

Tidak semua obat dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui, oleh karenanya saat masuk angin cobalah cara lain yang bisa dilakukan atau kunjungi medis terkait perawatan yang tepat.

Salah satu cara yang bisa diterapkan dengan lembut dan sesuai adalah memijat bagian khusus yang dikenal sebagai titik pijat ibu hamil masuk angin. Berikut ini beberapa titik pijat ibu hamil masuk angin, yaitu:

Baca Juga: Titik Pijat Masuk Angin pada Ibu Hamil, Bisa Atasi Perut Kembung

1. Titik Fengchi