Find Us On Social Media :

Sering Sakit Perut Sebelah Kiri dan Mual, Ternyata Ini Penyebabnya

Jangan dibiarkan ketika sakit perut sebelah kiri dan mual jadi gejala yang mulai terasakan

GridHEALTH.id - Kenali penyebab dari sakit perut sebelah kiri dan mual yang jadi gejalanya.

Perut sebelah kiri adalah tempat berkumpulnya organ-organ penting.

Pada perut sebelah kiri atas atau left upper quadrant terdapat limpa, pankreas, ginjal kiri, bagian atas usus besar (kolon), bagian kiri hati dan kelenjar adrenal.

Sedangkan perut sebelah kiri bawah (left lower quadrant) terdiri dari bagian akhir usus besar, ureter ovarium kiri (pada wanita), dan spermatic cord/saluran sperma (pada pria).

Sementara nyeri sisi kiri seringkali merupakan tanda gas, itu juga bisa menjadi tanda kondisi yang lebih serius, seperti divertikulitis, radang usus buntu, atau tukak lambung yang memerlukan perhatian medis segera.

Baca Juga: Pilihan Terbaik Obat Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita yang Alami

Nyeri di perut kiri bawah disertai gejala seperti bersendawa, kembung, atau perut keras biasanya merupakan indikasi gangguan pencernaan.

Namun, jika mengalami nyeri sisi kiri atas atau bawah disertai demam tinggi, mual, muntah, atau sakit perut yang parah, carilah perawatan darurat untuk menyingkirkan salah satu kondisi serius yang tercantum di atas.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Nyeri perut sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari divertikulitis, radang usus besar, hingga hernia.

Meski begitu, bukan tak mungkin kondisi ini disebabkan oleh beberapa kasus lain yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Ada beberapa kemungkinan yang menandakan jika perut sebelah kiri sakit merupakan gejala dari sebuah penyakit tertentu.

Baca Juga: Inilah 7 Penyebab dan Kemungkinan Terjadinya Sakit Perut Sebelah Kiri