Find Us On Social Media :

Ini 5 Salep Penghilang Bekas Luka Bakar di Kaki yang Ada di Apotek

Berikut ini rekomendasi salep penghilang bekas luka bakar di kaki.

GridHEALTH.id – Bekas luka terjadi sebagai proses penyembuhan luka, ada beragam penyebabnya, salah satu yang paling umum adalah bekas luka bakar

Memudarkan bekas luka bakar di kaki bisa digunakan dengan menggunakan salep. Simak penjelasan berikut ini rekomendasi salep penghilang bekas luka bakar di kaki.

Bentukan Bekas Luka Bakar di Kaki

Bekas luka bakar bisa terjadi di mana saja, termasuk di area kaki, dengan bentukan secara umum terlihat area kulit yang menebal dan berubah warna, sering muncul setelah kulit yang rusak menyebabkan sel mati. 

Kondisi ini dapat terbentuk sebagai proses memperbaiki kulit yang rusak, dimana tubuh menghasilkan protein yang disebut kolagen.

Bekas luka bakar sendiri bisa besar atau kecil tergantung pada seberapa banyak kulit yang rusak. Tingkat keparahan luka bakar akan menentukan apakah bekas luka ini akan memudar atau tetap terlihat secara permanen.

Ada beragam jenis bentukan bekas luka bakar di kaki sesuai dengan tingkat keparahan dan berapa lama seseorang terkena panas, serta intensitasnya, antara lain:

1. Luka bakar tingkat satu

Artinya, merusak lapisan luar kulit (epidermis) dan menyebabkan kemerahan hingga rasa nyeri. Kondisi ini biasanya sembuh dalam 6 hari tanpa meninggalkan bekas luka pada kulit.

2. Luka bakar tingkat dua

Kondisi luka bakar ini memengaruhi epidermis dan lapisan di bawah kulit (dermis), biasanya orang dengan luka bakar tingkat dua mengalami lepuh, rasa sakit, dan kemerahan. Membutuhkan waktu 2-3 minggu untuk sembuh dan lebih cenderung meninggalkan bekas luka.

3. Luka bakar tingkat tiga

Ini adalah kondisi bekas luka yang paling parah, karena merusak dua lapisan atas kulit tetapi juga dapat merusak tulang dan tendon, bisa juga memengaruhi ujung saraf. Kemungkinan akan terlihat kulit menjadi putih atau hitam. Jenis luka bakar ini membutuhkan waktu lama untuk sembuh dan cenderung menghasilkan bekas luka.

Berikut ini bekas luka yang disebabkan oleh luka bakar tingkat dua dan tiga dikategorikan menurut penampilannya dan pengaruhnya terhadap kulit:

- Bekas luka hipertrofik

Kondisi ini tampak merah atau ungu dan terangkat di atas permukaan kulit, kemungkinan juga terasa hangat dan menjadi gatal.

Baca Juga: Ini 4 Salep Penghilang Bekas Luka Jahitan yang Ada di Apotek

- Bekas luka kontraktur

Membuat kulit, otot, dan tendon lebih kencang dan membatasi pergerakan kulit normal.

- Bekas luka keloid

Membentuk benjolan yang mengkilap dan tidak berbulu.

Penyebab Bekas Luka Bakar di Kaki

Luka bakar dapat terjadi disebabkan oleh banyak hal, khususnya ketika kulit seseorang menyentuh, antara lain:

- Sesuatu yang terlalu panas

- Tersiram air mendidih

- Terlalu banyak terkena sinar matahari

- Bahan kimia tertentu

- Listrik

Salep Penghilang Bekas Luka Bakar di Kaki

Untuk mengatasi masalah luka bakar di kaki, ada beragam jenis salep penghilang bekas luka bakar, berikut ini diantaranya:

1. Salep bacitracin

Salep ini digunakan untuk mengatasi luka bakar ringan atau luka bakar tingkat satu, mengandung antibiotik yang berguna untuk menghentikan, mencegah, dan mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri.

Usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter lebih dulu sebelum menggunakannya, karena pada beberapa kondisi seperti luka bakar yang cukup luas, penggunaan salep ini tidak direkomendasikan.

Baca Juga: Menghilangkan Koreng di Kaki dengan Salep Penghilang Bekas Luka di Apotek

2. Salep lidah buaya

Salep penghilang bekas luka bakar di kaki lainnya adalah salep dari gel lidah buaya, yang bisa digunakan untuk mengobati luka bakar tingkat 1 dan 2. Hal ini karena mampu melancarkan sirkulasi darah, menghambat pertumbuhan bakteri, dan mengandung zat antiradang.

Saat hendak membeli salep ini, pastikan memiliki kandungan lidah buaya yang tinggi tanpa zat tambahan, pewarna, atau pewangi buatan. Jika menimbulkan reaksi alergi, maka hentikan penggunaannya.

3. Salep silver sulfadiazine

Salep penghilang bekas luka bakar ini membantu penyembuhan luka bakar dengan cara menghentikan dan mencegah infeksi menyebar ke kulit dan sekitarnya. Salep ini dapat mengatasi luka bakar tingkat 2, namun penggunaannya sensitif terhadap sinar matahari. 

Jadi, disarankan untuk melindungi area luka bakar dari paparan sinar matahari saat menggunakan salep ini. 

4. Salep MEBO

Salep mebo adalah salep moist exposed burn ointment, merupakan salep dengan bahan dasar alami dan sudah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional Cina (TCM). Biasanya digunakan untuk mengobati luka bakar ringan hingga sedang.

Manfaat dari penggunaan salep ini adalah memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat luka bakar, menghilangkan racun serta merangsang pertumbuhan kulit baru.

5. Salep mafenide acetate

Salep penghilang bekas luka bakar di kaki yang lain adalah salep mafenide acetate yang dapat membunuh bakteri dan mengurangi risiko bakteri menyebar ke kulit di sekitarnya atau ke aliran darah. 

Salep ini juga berguna untuk mengobati infeksi luka bakar berat atau luka bakar tingkat 3, tetapi perlu sesuai anjuran dokter. Penting juga untuk diperhatikan, untuk luka bakar berat dengan luas melebihi 7,5cm dianjurkan untuk tidak ditangani secara mandiri.

Kapan Harus ke Dokter?

Salep penghilang luka bakar di atas memang ada yang bisa didapat secara bebas, namun tetap diperlukan kehati-hatian selama penggunaannya. 

Bila kulit menunjukkan adanya lepuhan selama menjalani pengobatan dengan salep luka bakar, maka tidak dianjurkan untuk memecahkannya sendiri, sebab bisa memicu infeksi.

Jika bekas luka bakar juga tidak membaik setelah diobati dengan salep, maka tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter mengenai penanganan yang lebih tepat. (*)

Baca Juga: Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka di Apotek dan Kandungannya