Find Us On Social Media :

Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Gatal Tersedia di Apotek

Inilah rekomendasi salep penghilang luka gatal yang ada di apotek.

GridHEALTH.id – Munculnya bekas luka setelah terjadinya proses penyembuhan luka menjadi kondisi yang seringkali dijumpai, namun bagaimana jika bekas luka terasa gatal?

Simak berikut ini penyebab bekas luka gatal dan cara untuk mengobatinya, termasuk beberapa rekomendasi salep penghilang bekas luka di apotek. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Penyebab Bekas Luka Gatal

Bekas luka pada dasarnya adalah proses yang normal dan menjadi cara untuk tubuh menyembuhkan luka, baik dalam segi bentuk, ukuran, dan warnanya.

Macam-macam bekas luka pun ada banyak, salah satu yang mungkin umum adalah bekas luka yang menimbulkan rasa gatal.

Bekas luka yang disertai dengan rasa gatal bisa disebabkan oleh beragam penyebab, bisa dikarenakan adanya kondisi tiba-tiba saat seseorang mengalami perubahan berat badan atau kulit maka bekas luka lama bisa menjadi gatal.

Kulit kering juga bisa memicu bekas luka gatal, penyebab lainnya adalah kulit yang kencang dan meregang bisa terasa lebih gatal.

Penyebab bekas luka gatal yang lebih umum adalah luka yang mulai sembuh akibat operasi, biasanya akan terasa lebih gatal.

Bisa juga rasa gatal menjadi tanda dari luka yang mulai sembuh, di mana ujung saraf bisa menjadi sangat sensitif dan menyebabkan sensasi gatal.

Salep Penghilang Bekas Luka Gatal di Apotek

Mengetahui bahan aktif yang ada di dalam kandungan salep penghilang bekas luka gatal menjadi kunci untuk mencari pengobatan yang tepat.

Berikut ini beberapa rekomendasi salep penghilang bekas luka gatal yang bisa didapat di apotek:

1. Lucas Papaw Ointment

Salep ini bisa menjadi pilihan untuk menjadi salep penghilang bekas luka gatal yang mudah ditemukan di apotek dan pusat perbelanjaan lainnya. Salep ini biasanya digunakan untuk kasus gigitan nyamuk atau luka yang menghitam disertai rasa gatal.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Merk Sabun Bekas Luka Gatal, Bisa Didapat di Apotek

Kandungan dalam salep ini memiliki sifat antimikroba dan antibakteri, serta aman digunakan oleh anak-anak.

2. Laderma Scar Repair Cream

Mengobati bekas luka gatal bisa dengan salep ini, karena diformulasikan dengan bahan aktif alami, mulai dari lidah buaya, vitamin C dan E, hingga minyak jojoba.

Salep ini disebut berfungsi untuk memudarkan bekas luka baru atau lama akibat banyak hal, termasuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk.

3. Strataderm Gel

Salep penghilang bekas luka ini diformulasikan dengan gel silikon transparan untuk meredakan gatal, meratakan bekas luka, serta mengurangi kemerahan di kulit. Salep ini bisa digunakan untuk bekas luka lama ataupun baru.

Salep ini juga dinilai aman untuk pemilik kulit sensitif karena tidak mengandung bahan aktif. Cobalah gunakan dengan mengoleskannya pada bekas luka gatal sekali dalam sehari.

Pemakaian salep penghilang bekas luka gatal ini pun perlu dilakukan secara berkala, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal, karena diperlukan proses dalam perawatan untuk mencapai hasil yang maksimal.

Selain menggunakan salep dengan kandungan untuk menghilangkan rasa gatal, bekas luka gatal juga bisa coba diatasi dengan memijat-mijat area bekas luka yang gatal, untuk membantu melembutkan dan meratakan.

Caranya cukup pijat selama 10 menit sebanyak tiga kali sehari dengan gerakan melingkar, khususnya pada bekas luka baru.

Namun perlu diingat juga, jika seseorang mengalami gejala iritasi setelah menggunakan salep-salep tersebut, maka hentikan segera penggunaannya. Kunjungi dokter kulit, jika tidak juga hilang bekas luka gatal.

Bisa saja dalam kasus yang lebih serius, dokter akan merekomendasikan obat anti-gatal dengan dosis yang lebih kuat, atau suntikan toksin botulinum pada bekas luka gatal.

Usahakan pengobatan yang dilakukan tidak memperparah kondisi bekas luka. (*)

Baca Juga: Ini 5 Salep Penghilang Bekas Luka Bakar di Kaki yang Ada di Apotek