Find Us On Social Media :

Bahaya Kolesterol Tinggi Bisa Sebabkan Penyakit Jantung, Berikut Penjelasannya

Kolesterol tinggi bisa sebabkan penyakit jantung, simak penjelasannya berikut ini.

GridHEALTH.id – Banyak orang dengan riwayat kolesterol seringkali mengabaikan pentingnya menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. Padahal, jika dibiarkan akan sangat memungkinkan timbulnya risiko penyakit jantung

Simak penjelasan berikut ini terkait bahaya kolesterol tinggi yang bisa sebabkan penyakit jantung dan kenali faktor risiko penyakit jantung lainnya. 

Fungsi Utama Jantung

Jantung sendiri memiliki peran yang penting dalam tubuh manusia, ada beberapa fungsi yang dijalankan oleh organ ini, beberapa fungsi utamanya adalah untuk menggerakkan darah ke seluruh tubuh, mengontrol ritme dan kecepatan detak jantung, serta mempertahankan tekanan darah.

Ada beberapa bagian anatomi yang menyusun jantung, salah satunya adalah pembuluh darah, apabila pada pembuluh darah terjadi masalah maka dapat menyebabkan penyakit jantung. Inilah pentingnya menghindari faktor risiko yang bisa menyebabkan masalah di pembuluh darah, seperti kolesterol.

Bahaya Kolesterol Tinggi Bisa Sebabkan Penyakit Jantung

Kolesterol merupakan sebuah zat mirip lemak yang beredar di aliran darah yang berfungsi untuk membuat hormon dan vitamin D, serta untuk membantu mencerna makanan dan membangun sel. 

Terbentuk dalam dua jenis, lipoprotein densitas tinggi (HDL) dan lipoprotein densitas rendah (LDL). HDL dikenal sebagai kolesterol baik karena mengambil kolesterol dan membawanya kembali ke hati untuk dibuang. 

Sedangkan LDL kadang dikenal dengan kolesterol jahat karena jika terlalu banyak kandungan kolesterol ini di dalam tubuh dapat menempel di dinding arteri, yang akhirnya menyebabkan penyumbatan.

Sebuah studi yang disebutkan dalam laman Healthline menyatakan bahwa peningkatan LDL merupakan faktor risiko penyakit jantung dan asam lemak makanan memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit jantung. 

Studi lainnya juga mendukung kondisi ini dengan memperlihatkan hasil bukti kuat bahwa pola makan sehat rendah kolesterol dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada orang dewasa. 

Kondisi ini terjadi karena kolesterol tinggi berisiko menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah, yang pada akhirnya berdampak pada aliran darah dari dan ke jantung. Saat aliran darah tidak lancar dan jantung menerima sedikit darah dengan tinggi oksigen maka bisa menyebabkan penyakit jantung. 

Sedangkan, kolesterol sendiri bisa dihasilkan oleh hati secara alami dalam tubuh, namun ada juga yang berasal dari makanan. Sehingga menjadi penting memerhatikan kadar kolesterol dari makanan yang dikonsumsi agar tidak berlebih kadarnya. 

Baca Juga: 6 Tanaman Herbal yang Dapat Mengatasi Penyakit Jantung Koroner, Apa Saja?

Faktor Risiko Penyakit Jantung Lainnya

Selain kolesterol tinggi yang bisa sebabkan penyakit jantung, ada beberapa faktor risiko penyakit jantung lainnya yang perlu diperhatikan, antara lain:

- Tekanan darah tinggi 

- Diabetes dan prediabetes

- Riwayat keluarga penyakit jantung

- Preeklampsia selama kehamilan

- Kelebihan berat badan atau obesitas

- Tidak aktif secara fisik

- Pola makan yang tidak sehat

- Merokok

Seiring bertambahnya usia, risiko terkena penyakit jantung dapat meningkat, di mana pembuluh darah kemungkinan akan semakin kaku. Bagi wanita, risiko juga meningkat setelah menopause. 

Jika memiliki beragam faktor risiko di atas, ada baiknya untuk melakukan skrining sejak awal mengenai besarnya risiko terkena penyakit jantung, sehingga bisa melakukan perawatan sejak awal. (*)

Baca Juga: Pentingnya Lakukan Skrining Jantung Sejak Dini, Cegah Penyakit Jantung di Usia Remaja