Find Us On Social Media :

5 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka untuk Anak, yang Aman Digunakan dan Tersedia di Apotek

Inilah 5 rekomendasi salep penghilang bekas luka untuk anak yang ada di apotek.

GridHEALTH.id – Bekas luka umum terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak, dengan beragam penyebabnya. 

Orangtua bisa membantu anak untuk menghilangkan bekas lukanya dengan menggunakan salep penghilang bekas luka yang aman untuk anak. 

Akan tetapi tetap alangkah lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dalam menentukan pengobatan. 

Berikut ini setidaknya 5 rekomendasi salep penghilang bekas luka yang aman untuk anak, simak penjelasan lengkapnya.

Terjadinya Bekas Luka pada Anak

Sebelum terbentuk bekas luka, sebenarnya kondosi ini  terjadi karena merupakan proses alamiah tubuh untuk memperbaiki luka yang terbuka. 

Kulit akan mengeluarkan sekumpulan kolagen, sebuah serat protein putih keras yang berfungsi seperti jembatan, untuk menyambung kembali jaringan yang rusak. 

Seringnya selama proses penyembuhan ini, terbentuk kerak yang kering di atas luka, kondisi ini dikenal dengan keropeng. 

Fungsi dari keropeng ini adalah melindungi luka saat kulit yang rusak sembuh di bawahnya, akhirnya keropeng mengering dan lepas dengan sendirinya, meninggalkan kulit yang sudah diperbaiki atau bisa juga muncul bekas luka, dalam beberapa kasus. 

Bentuk dari bekas luka sendiri sangat beragam, di mana awal dari bekas luka bisa terasa tebal, merah, menonjol, hingga perlahan berubah menjadi luka yang tipis, rata, dan putih. 

Penyebab Bekas Luka pada Anak

Bekas luka memang bisa terbentuk karena beragam hal, pada anak bisa dikarenakan luka bakar, gigitan serangga, infeksi, bekas tindakan operasi, hingga bekas suntikan atau tindikan. 

Anak-anak disebut lebih berisiko mengalami bekas luka parut hipertrofik, kondisi bekas luka yang meninggi, namun tidak melebar melebihi batas luka awal. 

Baca Juga: Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Gatal Tersedia di Apotek

Ada juga anak yang mengalami hiperpegmentasi kulit, di mana bekas luka nampak menjadi kehitaman atau lebih gelap dibanding kulit di sekitarnya.

5 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka untuk Anak

Bagi orangtua yang ingin mencoba menghilangkan bekas luka pada anak, berikut ini setidaknya 5 rekomendasi salep penghilang bekas luka untuk anak yang aman digunakan:

1. Hiruscar Kid Gel

Ini adalah salep penghilang bekas luka yang merupakan produk dari Swiss berbentuk gel, terbuat dari 5 bahan aktif seperti ekstrak oat, lidah buaya, mucopolysaccharide polysulphateallantoin, dan allium cepa.

Bahan-bahan ini dipercaya dapat membantu melembabkan bekas luka dan menyamarkan yang mulai menghitam. Bisa digunakan 2-3 kali sehari untuk hasil yang maksimal. Produk ini tidak lengket, mudah menyerap di kulit, dan nonallergenic.

2. Meilibahenling Nutritive Cream

Salep penghilang bekas luka ini menjadi pengobatan ala Cina, yang aman dipakai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Produk ini tidak menimbulkan kesan lengket saat diaplikasikan dan tidak mengandung alkohol sehingga aman untuk kulit sensitif. 

Di dalam salep ini terkandung snake oil yang dipercaya untuk kesehatan kulit. Bisa digunakan untuk bekas luka akibat terkena air panas dan knalpot. Bahan lainnya juga menjadikan kulit lebih halus.

3. Lucas Papaw Ointment

Produk salep penghilang bekas luka ini bisa dijadikan sebagai salep yang aman untuk anak dan dianggap efektif dalam meringankan masalah hiperpigmentasi kulit, membantu melembapkan kulit, menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang menghitam, karena dibuat dari fermentasi pepaya, sehingga tidak lengket.

Rasa gatal juga bisa dikurangi dengan salep ini, selain itu kandungan petroleum jelly murni di dalam produk ini dapat memberikan kelembapan pada area luka, dengan demikian kerusakan kulit akan lebih mudah diatasi. Bahkan produk ini disebut dapat digunakan sebagai lip balm untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

4. Hansaplast Salep Luka

Salep penghilang bekas luka pada anak yang lainnya adalah hansaplast salep luka, dipercaya dapat melindungi dan menenangkan kulit kering dan pecah, juga menyembuhkan luka dan kulit yang rusak sehingga mengurangi risiko luka membekas.

5. Beauty Barn Soother Stick

Produk ini menggunakan bahan-bahan alami dan bisa menjadi salep penghilang bekas luka pada anak, salep ini dianggap bisa menenangkan dan membuat nyaman untuk semua keluhan pada kulit anak. 

Beberapa kandungannya antara lain sweet almond oil untuk melembabkan dan meringankan sakit, sedangkan bahan bergamotuntuk antibiotik sebagai penekan dan penyamar luka, sedangkan kandungan myrrhc untuk memperlancar peredaran darah, dan tea tree untuk mempercepat pemulihan. (*)

Baca Juga: Ini 5 Salep Penghilang Bekas Luka Bakar di Kaki yang Ada di Apotek