Find Us On Social Media :

Ini Cara Buka Puasa yang Benar agar Tubuh Tetap Sehat

Sajian buka puasa

GridHEALTH.id – Saat waktu buka puasa tiba, godaan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman dalam jumlah banyak sulit untuk ditolak. Tak sedikit orang yang menjalankan ibadah puasa cenderung kalap saat berbuka puasa karena sudah menahan lapar seharian. 

Dikutip dari British Nutrition Foundation, mengonsumsi makanan dan minuman apa pun yang disukai saat buka puasa sebenarnya boleh-boleh saja. Akan tetapi, pastikan untuk tidak makan terlalu kenyang karena berisiko mengganggu kesehatan.

Idealnya, sekitar 30 persen kebutuhan makan dan minum dipenuhi saat sahur, sementara 70 persen sisanya saat berbuka puasa dan makan malam.  Selain itu, hindari makanan yang tidak sehat, seperti gorengan, serta minuman yang terlalu manis. Agar kesehatan tetap terjaga selama bulan Ramadan, berikut tips berbuka puasa yang benar.

1. Perbanyak minum air putih

Setelah seharian berpuasa, tubuh akan kekurangan cairan. Oleh karena itu, minum air putih yang cukup saat berbuka puasa sangat penting untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Selama berbuka puasa, Anda juga disarankan untuk memperbanyak minum air putih dibanding minuman manis atau berkafein yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Apabila ada keinginan atau craving minuman selain air putih, Anda sebaiknya membuat minuman sehat sebagai pelengkap, seperti susu dari bahan nabati, jus buah, atau smoothies tanpa gula.

Baca Juga: Mengatasi Asam Lambung Kambuh saat Puasa di Siang Hari, Lakukan 4 Cara Ini

2. Jangan langsung makan berat

Setelah berpuasa sepanjang hari, ada beberapa orang yang terbiasa langsung menyantap makanan berat ketika berbuka. Namun, hal ini sebenarnya tidak disarankan oleh para ahli kesehatan.

Masih dikutip dari British Nutrition Foundation, mengonsumsi makanan berat dalam jumlah yang banyak dapat membuat lambung bekerja lebih keras untuk mencerna makanan, sehingga rentan memicu gangguan pencernaan yang ditandai dengan perut kembung dan mulas.

Untuk itu, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang manis dan ringan terlebih dahulu, seperti kurma dan air putih agar lambung memiliki waktu untuk dapat mempersiapkan diri untuk menerima makanan dengan komposisi kandungan yang lebih berat.