Find Us On Social Media :

Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka di Kaki Akibat Gigitan Nyamuk

Ini beberapa rekomendasi salep penghilang bekas luka di kaki akibat gigitan nyamuk.

GridHEALTH.id – Gigitan nyamuk sering membuat seseorang merasakan gatal hingga sulit untuk menahannya dan memicu timbulnya bekas luka di area gigitan, umumnya dijumpai di kaki.

Bekas luka akibat gigitan nyamuk ini sebenarnya bisa dihilangkan, cobalah gunakan rekomendasi salep penghilang bekas luka di kaki akibat gigitan nyamuk berikut ini.

Bentuk Bekas Luka di Kaki Akibat Gigitan Nyamuk

Sebelumnya, seseorang yang mengalami bekas luka akibat gigitan nyamuk biasanya memiliki beberapa tanda berikut ini:

- Gatal

- Peradangan

- Kemerahan

Kondisi ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu seminggu, jika bekas luka atau noda pada kulit masih bertahan, maka kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh peradangan, infeksi, hingga alergi.

Hasil langsung dari gigitan nyamuk biasanya berupa bilur merah yang menonjol diikuti dengan area pengerasan jaringan lunak dalam tubuh (indurasi) yang menghilang dalam beberapa hari.

Namun untuk goresan berat yang merobek kulit dapat mempersulit penyembuhan, berpotensi menciptakan luka yang lebih besar dan dapat meninggalkan bekas luka.

Bekas luka gigitan nyamuk seperti bekas luka lainnya, nampak bengkak dan merah atau sedikit lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Dapat berkembang bergantung pada reaksi tubuh terhadap gigitan dan kondisi lain yang memengaruhi penyembuhan.

Proses Terbentuknya Bekas Luka di Kaki Akibat Gigitan Nyamuk

Nyamuk menjadi salah satu serangga kecil yang biasanya menggigit dengan mengeluarkan darah dan meninggalkan bilur merah disertai gatal. Umumnya dilakukan oleh nyamuk betina.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka untuk Anak, yang Aman Digunakan dan Tersedia di Apotek

Di dalam air liur nyamuk mengandung banyak zat untuk membantu mengambil darah setelah gigitan, seperti antikoagulan pengencer darah dan histamin. Zat ini dapat memicu reaksi dari sistem kekebalan tubuh.

Bagi kebanyakan orang, zat dan luka kecil yang ditinggalkan akibat gigitan nyamuk akan membentuk bilur. Bilur biasanya mencapai puncaknya dalam waktu sekitar 20 menit tetapi bisa berlangsung berhari-hari atau berminggu-minggu terutama bagi yang memiliki reaksi hipersensitif terhadap gigitan nyamuk.

Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka di Kaki Akibat Gigitan Nyamuk

Untuk menghilangkan bekas luka di kaki akibat gigitan nyamuk, sebagian besar salep ini memiliki kandungan obat gatal yang berfungsi untuk meredakan gatal, ada juga yang mempunyai efek dingin seperti calamine.

Pada bekas luka yang menghitam, bisa gunakan salep penghilang bekas luka yang mengandung silikon untuk menghaluskan dan mencerahkan warna kulit.

Dengan kandungan ini maka dapat membantu melunakkan jaringan parut dan mengurangi keparahan penampilan pada kulit.

Bisa juga dengan menggunakan salep penghilang bekas luka yang mengandung asam alfa hidroksil dan vitamin C yang bisa mengangkat lapisan kulit hingga tumbuh lapisan baru.

Beberapa rekomendasi salep penghilang bekas luka di kaki akibat gigitan nyamuk, yaitu:

1. Lucas Papaw Ointment

Ini merupakan salep penghilang bekas luka akibat gigitan nyamuk yang biasanya terasa gatal dan menghitam. Dimana di dalamnya mengandung sifat antimikroba dan antibakteri, yang dipercaya dalam mengatasi permasalahan ini, bahkan disebut aman untuk anak-anak.

2. Laderma Scar Repair Cream

Salep ini diformulasikan dari bahan aktif alami, seperti lidah buaya, vitamin C, vitamin E, dan minyak jojoba. Dapat memudarkan bekas luka akibat gigitan nyamuk, luka bakar, jerawat, bekas operasi, serta meredakan gatal.

3. Strataderm Gel

Salep penghilang bekas luka akibat gigitan nyamuk lainnya adalah salep ini yang berbentuk gel silikon transparan untuk meratakan bekas luka, meredakan gatal, serta mengurangi kemerahan di kulit, yang sebagian bisa didapat karena gigitan nyamuk. Produk ini juga dinilai aman untuk pemilik kulit sensitif.

Makin cepat menangani bekas luka gigitan nyamuk, makin besar peluang untuk menghilangkan noda hitam. Namun jika penggunaan salep bekas luka gigitan nyamuk dirasa tidak memberikan hasil baik, maka cobalah konsultasikan dengan dokter kulit terkait perawatan yang tepat. (*)

Baca Juga: Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Gatal Tersedia di Apotek