Find Us On Social Media :

Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Koreng yang Menghitam

Ini rekomendasi salep penghilang bekas luka koreng yang menghitam.

GridHEALTH.id – Hampir semua orang tentu pernah mengalami bekas luka yang tak kunjung menghilang, justru semakin menghitam. 

Bekas luka koreng yang menghitam ini bisa memengaruhi kepercayaan diri seseorang akan penampilannya. Sehingga tidak heran jika banyak yang ingin menghilangkan bekas luka. 

Cobalah beberapa rekomendasi salep penghilang bekas luka koreng yang menghitam, bisa dicoba diaplikasikan di rumah.

Proses Bekas Luka Koreng yang Menghitam

Bicara mengenai luka koreng menghitam yang berbekas, maka perlu diketahui terlebih dahulu bahwa bekas luka merupakan salah satu respons tubuh terhadap luka yang terbentuk

Semua jenis luka bisa menjadi koreng dan bekas luka koreng menjadi hitam, baik karena luka bakar, jerawat, hingga penyebab lainnya. Itu semua bergantung pada respons tubuh seseorang. 

Tubuh akan membentuk protein yang disebut kolagen, fungsinya untuk memperbaiki luka, namun untuk menghentikan darah yang keluar akibat luka, bekas koreng kemungkinan akan muncul. 

Bekas luka koreng sendiri merupakan lapisan platelet atau gumpalan darah yang terbentuk dan lama kelamaan akan mengeras dan berubah menjadi keropeng atau koreng. 

Koreng yang muncul adalah hal wajar dan perlahan akan berangsur sembuh, karena koreng sendiri terdiri dari darah kering, serum, sel kulit mati, dan bakteri mati yang sebenarnya merupakan penghalang bagi sel kulit baru. Sedangkan luka koreng yang menghitam ini biasanya karena adanya hiperpegmentasi. 

Salep Penghilang Bekas Luka Koreng yang Menghitam

Berikut ini beberapa rekomendasi salep penghilang bekas luka koreng yang menghitam, jika ingin mencoba menghilangkannya:

1. Neosporin

Ini adalah salah satu salep penghilang bekas luka koreng yang menghitam, dengan di dalamnya terdapat tiga jenis kandungan antibiotik di dalamnya, yaitu bacitracin, neomycin, dan polymyxin. Cukup oleskan salep ini pada luka dan salep ini akan membantu mempercepat penyembuhan. 

Jika bekas luka koreng tidak mengalami infeksi, maka disarankan tidak menggunakan salep ini atau salep antibiotik lainnya, karena kandungan antibiotik yang tidak bisa sembarangan digunakan.

Baca Juga: Pilihan Terbaik Salep Penghilang Bekas Luka Nanah, Simak di Sini!

Selain itu, salep penghilang bekas luka koreng yang menghitam ini juga bisa menimbulkan reaksi alergi bagi kulit tertentu, seperti muncul ruam yang sangat gatal dan mengeluarkan cairan, sehingga perlu dicoba terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

2. Lucas Papaw Ointment

Salep penghilang bekas luka lainnya adalah salep ini yang biasa digunakan untuk mengobati bekas gatal dan yang menghitam, biasanya karena koreng akibat gigitan nyamuk yang memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Produk ini disebut juga aman digunakan untuk anak-anak.

3. Nivea Super 10 Vitamin Body Serum

Ini merupakan serum yang berbentuk losion dan mengandung 6 vitamin serta 4 skin food, termasuk niacinamide dan vitamin C, disebut dapat membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas luka yang menghitam.

Kapan Harus ke Dokter?

Kebanyakan bekas luka koreng yang menghitam akan hilang dengan sendirinya, seseorang juga bisa menggunakan rekomendasi salep penghilang bekas luka koreng menghitam di atas. Namun seseorang dirasa perlu melakukan konsultasi lebih lanjut, jika memiliki salah satu dari tanda-tanda berikut ini:

- Adanya pembengkakan yang memburuk

- Berdarah terus menerus

- Terasa sakit yang cukup parah

- Gejala memburuk secara bertahap

- Tidak ada perbaikan setelah beberapa hari

- Demam atau menggigil

Mendapatkan perhatian medis untuk kasus yang khusus akan sangat efektif karena dapat mengurangi risiko infeksi lanjutan. (*)

Baca Juga: Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka di Kaki Akibat Gigitan Nyamuk