Find Us On Social Media :

Apa Efek Minum Air Es Yang Terlalu Dingin Saat Buka Puasa?

Minum air es yang sangat dingin saat buka puasa bisa jadi menimbulkan masalah kesehatan.

GridHEALTH.id - Saat berbuka puasa, hidangan yang tersedia bisa jadi adalah air minum dingin bercampur es, atau bahkan air es yang sangat dingin.

Apa efek minum air es yang terlalu dingin saat buka puasa bagi tubuh?

Sebenarnya suhu dingin yang drastis dapat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan kontraksi otot yang tajam di perut.

Selain itu, minum air dingin secara berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala, kerongkongan terasa kaku, dan bahkan memicu reaksi alergi pada beberapa orang.Sebaiknya, untuk meminimalisir risiko tersebut, disarankan untuk meminum air suam atau hangat saat berbuka puasa.

Kemudian, hindari minuman yang mengandung kafein dan gula berlebihan seperti soda dan minuman bersoda lainnya, karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Sebaiknya pilihlah air putih atau jus buah segar sebagai alternatif minuman yang lebih sehat.Minum air es yang sangat dingin saat buka puasa dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan, terutama bagi orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan antara lain:1. Menyebabkan sakit kepala

Minum air es sangat dingin dapat mengecilkan pembuluh darah di kepala, yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Baca Juga: Pilihan Makanan Sahur dan Berbuka untuk Penderita Asam Urat

2. Menyebabkan masalah pencernaan

Saat kita meminum air es, suhu tubuh kita akan menyesuaikan diri dengan suhu air yang kita minum.

Jika air yang kita minum sangat dingin, maka suhu tubuh kita akan menyesuaikan diri dengan cepat dan dapat mengganggu sistem pencernaan kita.