Find Us On Social Media :

3 Ciri-ciri Kurap Membandel di Kulit dan Cara untuk Mencegahnya

Kurap membandel gejalanya bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

GridHEALTH.id - Kurap adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh berkembangnya jamur secara cepat di kulit.

Menurut Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, ada kurang lebih 40 jenis jamur yang bisa menyebabkan penyakit kulit ini, tiga di antaranya Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton.

Penyakit ini bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, paling sering didapati di area wajah, kaki, paha bagian dalam, dan juga kulit kepala.

Apabila terinfeksi, pengobatan harus segera dilakukan. Karena jika tidak, ini akan menyebar ke orang atau bagian tubuh lain dan juga berisiko lebih sulit dihilangkan.

Kondisi Kurap Membandel

Tak hanya pengobatan yang terlambat dilakukan, alasan lain mengapa kurap membandel yakni karena perawatan yang tidak dilakukan secara maksimal.

Umumnya, penyakit ini akan membaik sekitar 2-4 minggu setelah dilakukan pengobatan menggunakan obat antijamur. Tapi, ada juga yang perlu mengalami pengobatan lebih dari waktu rata-rata, sekitar 1-3 bulan.

Adapun ciri-ciri kurap membandel yang perlu diwaspadai meliputi:

1. Ruam merah berbentuk lingkaran yang menyebar ke bagian tubuh lain

2. Kulit terasa gatal

3. Kulit merah, bersisik, dan pecah-pecah

Apabila terjadinya di kulit kepala, maka penyakit kulit ini akan menyebabkan rambut rontok dan terjadi peradangan parah yang disebut sebagai kerion.

Baca Juga: Ciri-ciri Kurap akan Sembuh dan Perawatan yang Dilakukan Setelahnya