Find Us On Social Media :

4 Penyakit yang Sering Dialami oleh Anak-anak Usai Libur Lebaran

Penyakit setelah lebaran yang dialami anak-anak berkaitan dengan pencernaan.

GridHEALTH.id - Libur lebaran telah usai, sebagian masyarakat juga sudah kembali ke daerah tempat tinggalnya kembali.

Perjalanan mudik lebaran yang panjang dan aktivitas selama Hari Raya, bisa membuat imunitas anak menurun dan membuatnya rentan sakit.

Pada acara kumpul keluarga, anak-anak terutama yang usianya masih sangat muda, sering menjadi sasaran kegemasan orang-orang di sekitarnya.

Para orangtua tak segan-segan untuk memeluk dan mencium pipi mereka. Namun tanpa disadari, ini bisa menjadi jalan penularan beberapa penyakit infeksi.

Penyakit yang Rentan Dialami Anak

Anggota Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Himawan Aulia Rahman, SpA., membagikan beberapa daftar penyakit setelah lebaran yang kerap dialami anak, khusunya yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Dijelaskan bahwa saluran cerna tidak hanya menjadi tempat penyerapan nutrisi, tapi juga berfungsi untuk pembuangan sisa-sisa zat sampah dari tubuh, proteksi terhadap kuman-kuman dari makanan, hingga pembentukan hormon.

Adapun beberapa gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai oleh orangtua setelah pulang mudik lebaran antara lain.

1. Diare

"Dikatakan diare apabila frekuensi buang air besarnya itu lebih sering dari biasanya dan juga lebih lembek atau lebih cair daripada biasanya," kata dokter Himawan dalam virtual media briefing IDAI 'Penyakit Pada Anak Pasca Lebaran', Kamis (27/4/2023).

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada dua faktor penyebab dari kondisi yakni langsung dan tidak langsung.

Penyebab diare secara langsung maskudnya diakibatkan oleh infeksi virus, bakteri, ataupun parasit. Data dari WHO menyebutkan, diare paling sering disebabkan oleh virus, khususnya rotavirus.

Namun tak menutup kemungkinan, bakteri, virus, ataupun parasit lainnya mengakibatkan diare pada anak.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Diare yang Sering Terjadi Setelah Lebaran