Find Us On Social Media :

5 Dampak Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Jangan Sampai Telat Diobati

Efek kolesterol tinggi sebabkan gangguan di jantung hingga diabetes.

GridHEALTH.id - Kadar kolesterol tinggi tak boleh dibiarkan dan butuh segera diobati, karena dapat berdampak buruk bagi tubuh.

Tubuh membutuhkan dua jenis lemak di aliran darah agar bisa berkerja dengan baik, yakni kolesterol dan trigliserida.

Kedua jenis lemak itu, menurut Cedar Sinai, dapat menghasilkan energi, memberikan perlindungan pada tubuh dari dingin, dan membantu mencegah cedera.

Terdapat dua kategori kolesterol, pertama kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low-density lipoproteins (LDL).

Akan menjadi masalah bagi kesehatan jika kolesterol tinggi, khusunya LDL, yang ditandai dengan kadarnya lebih dari 130mg/dl.

Efek Buruk Tingginya Kadar Kolesterol

Melansir laman WebMD, dampak kolesterol tinggi tanpa pengobatan dikaitkan dengan penyakit berikut:

1. Penyakit Jantung Koroner

Risiko paling utama yang dihadapi oleh orang dengan kondisi ini adalah penyakit jantung koroner, yang dapat mengarah pada kematian akibat serangan jantung.

Jika kadarnya terlalu tinggi, kolesterol dapat menumpuk di dinding ateri. Lama-kelamaan, penumpukan ini menyebabkan plak sehingga arteri mengeras dan menghambat aliran darah.

Aliran darah yang terhambat dalam tubuh, mengakibatkan timbulnya rasa nyeri di sekitar dada.

2. Stroke

Dampak kolesterol tinggi selanjutnya yang tak boleh disepelekan adalah stroke, yang membuat salah satu atau seluruh bagian tubuh seseorang tidak bisa digerakan.

Kaitannya dengan stroke yakni karena plak kolesterol yang terbentuk tidak hanya melapisi pembuluh darah di dalam dan sekitar jantung saja.

Baca Juga: Nyeri Akibat Kolesterol Apakah Bisa Diatasi dengan Obat Piroxicam?