Find Us On Social Media :

Ikuti 6 Tips Berikut, Agar Asma Tak Ganggu Aktivitas Sehari-hari

Menggunakan obat untuk menangani asma.

GridHEALTH.id Asma adalah penyakit pernapasan kronis yang dapat mempengaruhi orang dari segala usia, tetapi biasanya dimulai pada masa kanak-kanak.

Ditandai dengan adanya penyempitan pada saluran napas dan peradangan pada dinding saluran napas. Penyakit ini seringkali menyebabkan sesak napas, batuk-batuk, dan mengi.

Penyebab pasti dari asma belum diketahui, diperkirakan bahwa faktor lingkungan dan genetik berperan dalam perkembangan penyakit ini.

Faktor Risiko Asma

Beberapa faktor risiko yang dapat memengaruhi perkembangan asma antara lain:

* Riwayat keluarga: Jika ada anggota keluarga yang menderita asma, kemungkinan seseorang mengalami asma juga lebih tinggi.

* Alergi: Alergi dapat memicu serangan asma. Beberapa alergi yang sering memicu asma antara lain debu, serbuk sari, bulu binatang, dan makanan.

* Merokok: Merokok atau terpapar asap rokok juga dapat memicu serangan asma. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari merokok dan terpapar asap rokok.

* Infeksi saluran pernapasan: Infeksi saluran pernapasan seperti pilek atau flu dapat memicu serangan asma.

Cara Menanangani Asma

Asma dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari, termasuk dalam melakukan aktivitas fisik, bekerja, dan bahkan tidur. Sehingga perlu ditangani dengan maksimal.

Penanganan asma bertujuan untuk mengurangi gejala dan mencegah serangan asma. Berikut adalah beberapa cara menangani asma:

1. Menghindari faktor pemicu

Langkah pertama dalam menangani asma adalah menghindari faktor pemicu yang memicu serangan asma. Faktor pemicu asma dapat berbeda-beda untuk setiap orang, namun umumnya meliputi debu, serbuk sari, bulu binatang, polusi udara, asap rokok, udara dingin, dan olahraga berlebihan.

Baca Juga: Kenali Ciri Seseorang Alami Sesak Napas, Lakukan Ini Supaya Tidak Telat Beri Pertolongan