Find Us On Social Media :

Apa Itu Narkoba Zombie? Membuat Tidak Sadarkan Diri dan Kulit Membusuk

Efek narkoba zombie bagi kesehatan sangat berbahaya.

GridHEALTH.id - Belakangan masyarakat dunia dihebohkan dengan fenomena narkoba 'zombie' yang terjadi di Amerika Serikat.

Di media sosial, banyak video yang beredar memperlihatkan orang-orang yang tidak sadarkan diri atau bertingkah laku aneh seperti zombie dalam film.

Belum lagi, beberapa orang yang menggunakan narkoba juga mengalami kondisi kulitnya membusuk.

Apa Itu Narkoba Zombie?

Narkoba zombie adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penggunaan xylazine yang telah dikombinasikan dengan heroin atau fentanyl.

Mantan Deputi Bidang Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) dr. Diah Setia Utami mengatakan, xylazine adalah obat bius yang biasanya digunakan untuk anastesi hewan seperti kuda atau yang lainnya.

Lebih lanjut, dokter Diah menjelaskan bahwa ini merupakan salah satu jenis psikotropika yang mempunyai efek samping membuat tertidur.

"Setahu saya xylazine termasuk dalam psikotropika. Karena memang efeknya yang mampu menidurkan atau sedatif (sebagai obat penenang)," ujarnya dikutip dari Kompas (20/5/2023).

Ia memaparkan lebih lanjut, penggunaan obat ini memang tidak diperuntukkan bagi manusia.

Penggunaan psikotropika, dapat menyebabkan munculnya reaksi halusinasi, ilusi, cara berpikir yang terganggu, perubahan suasana hati yang mendadak, dan kecanduan.

Melansir laman Euronews (26/5/2023), obat bius ini saat disuntikan ke tubuh manusia juga akan menyebabkan detak jantung melambat, serta mengakibatkan luka terbuka besar seperti bisul dan abses.

Inilah yang membuat beberapa pengguna narkoba zombie kulitnya membusuk.

Baca Juga: Bukan Kali Pertama, Revaldo Ditangkap Polisi untuk Ketiga Kalinya Setelah Kembali Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba