Find Us On Social Media :

Membiarkan Gigi Berlubang Tanpa Diobati, Ini 3 Risiko yang Mengintai

Gigi berlubang jadi tempat bakteri berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

GridHEALTH.id - Gigi berlubang atau karies gigi adalah masalah kesehatan gigi yang umum terjadi di berbagai kelompok usia.

Kondisi ini terjadi ketika bakteri yang hidup di mulut menghasilkan asam yang merusak lapisan luar gigi (email) dan jaringan dalamnya.

Gigi berlubang dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan gigi dan umum seseorang.

Penyebab Gigi Berlubang

Sering mendengar kalau kondisi gigi yang berlubang disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan manis. Sebenarnya, hal-hal berikut inilah yang merupakan penyebab gigi berlubang.

* Penumpukan plak gigi: Plak adalah lapisan lengket bakteri yang terbentuk di permukaan gigi.

Bakteri dalam plak memakan sisa makanan yang ada di mulut dan mengubahnya menjadi asam. Asam tersebut dapat merusak email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

* Konsumsi makanan dan minuman karbohidrat tinggi: Makanan dan minuman yang tinggi gula dan karbohidrat dapat memberi makan bakteri dalam mulut dan meningkatkan produksi asam.

Ini termasuk makanan manis, permen, soda, dan makanan cepat saji.

* Tidak menjaga kebersihan mulut: Jika tidak membersihkan gigi secara teratur, plak gigi dapat menumpuk dan menjadi lebih sulit untuk dihilangkan.

Kebersihan mulut yang buruk juga mencakup tidak menyikat gigi dengan benar, tidak menggunakan benang gigi, atau tidak berkumur menggunakan obat kumur antiseptik.

* Tubuh kekurangan mineral: Kekurangan mineral seperti kalsium dan fosfor dalam diet dapat melemahkan struktur gigi dan membuatnya lebih rentan terhadap lubang.

Baca Juga: Mitos atau Fakta Cabut Gigi Saat Demam Bisa Sebabkan Kebutaan?