Find Us On Social Media :

Mengatasi Kolesterol Saat Hamil, Ini Obat yang Aman untuk Ibu Hamil

Inilah yang terjadi saat kolesterol meningkat pada ibu hamil

GridHEALTH.id - Perlu diperhatikan saat kolesterol terjadi pada ibu hamil.

Kadar kolesterol tinggi selama kehamilan adalah normal dan diperlukan untuk membuat hormon steroid, seperti estrogen dan progesteron, yang sangat penting untuk membawa kehamilan sampai cukup bulan.

Bayi yang sedang tumbuh menggunakan kolesterol, pada tingkat tinggi untuk perkembangan anggota tubuh dan otak yang sehat.

Kadar kolesterol meningkat secara alami selama trimester kedua, memuncak pada trimester ketiga, dan biasanya kembali normal sekitar empat minggu setelah melahirkan.

Sebagian besar ahli jantung merekomendasikan bahwa kadar LDL yang buruk harus kurang dari 100 mg/dL dan kolesterol HDL yang baik harus lebih besar dari 60 mg/dL.

Saat seseorang hamil, kadar kolesterolnya meningkat 25 hingga 50%, dan untungnya, kadar HDL tampaknya semakin meningkat.

Kolesterol tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan hipertensi akibat kehamilan, yang dapat mengancam kehidupan orang tua dan anak.

Kolesterol rendah dapat menyebabkan persalinan prematur dan berat lahir rendah.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kolesterol tinggi berdampak buruk pada keturunan orang tua yang hamil, baik di dalam kandungan maupun di kemudian hari.

Misalnya, menurut Heart and Stroke Foundation of Canada, anak-anak yang orang tuanya memiliki kolesterol tinggi sebelum hamil memiliki kemungkinan lima kali lebih tinggi untuk memiliki kolesterol tinggi dibandingkan orang dewasa.

Penyebab Kolesterol Tinggi Selama Kehamilan

Diet tinggi lemak jenuh dan aktivitas fisik yang kurang juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Herbal Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Jahat