Find Us On Social Media :

Rekomendasi Obat Herbal Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Bawang bombai termasuk bahan alami yang dapat dijadikan obat kolesterol.

GridHEALTH.id - Jenis kolesterol di dalam darah terbagi menjadi dua, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Kadar kolesterol dalam darah harus selalu dipantau, terutama LDL, karena dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang meningkatkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius.

Misalnya penyakit arteri koroner, penyakit serebrovaskular, penyakit arteri perifer, dan aneurisma aorta.

Dari Cleveland Clinic, kadar kolesterol jahat pada orang dewasa yang normal seharusnya di bawah 100 mg/dL.

Perlu berhati-hati bila levelnya 130-15 mg/dL. Sedangkan seseorang yang memiliki LDL tinggi kadar kolesterolnya mencapai 160-189 mg/dL.

Obat Herbal untuk Kolesterol

Bila hasil pemeriksaan menunjukkan seseorang mempunyai kolesterol tinggi, kondisi ini perlu segera diperbaiki. Salah satu caranya adalah menggunakan obat kolesterol.

Obat yang dimaksud ini tidak hanya terbatas pada obat medis saja. Beberapa obat yang terbuat dari bahan alami juga dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

1. Daun suji

Dilansir dari Kontan (5/2/2023), daun suji memiliki kandungan saponin yang berkhasiat menurunkan kadar LDL dalam tubuh.

Manfaat dari daun ini bisa didapatkan dengan menyiapkan empat lembar daun suji. Kemudian cuci dan rebus dengan dua gelas air.

Saat direbus, biarkan hingga airnya hanya tersisa setengah. Minumlah rebusan daun suji ini tiga kali sehari secara rutin.

2. Daun salam

Obat herbal berikutnya untuk kolesterol dapat dibuat dari daun salam. Caranya, siapkan 15-20 lebar daun salam dan 100 gram kulit polong kacang tanah.

Baca Juga: Kadar Kolesterol Normal Pada Wanita Usia 40 Tahun, juga Pada Pria