Find Us On Social Media :

Tips Merangsang Kontraksi Persalinan Lewat Cara Pijat di Titik Ini

Titik pijat agar cepat kontraksi melahirkan

GridHEALTH.id - Persalinan adalah momen paling dinantikan dalam perjalanan kehamilan, dan bagi beberapa wanita, mencari cara untuk mempercepat proses kontraksi menjadi hal yang relevan.

Salah satu pendekatan yang telah diperdebatkan adalah menggunakan titik-titik pijat tertentu untuk merangsang kontraksi persalinan.

Meskipun teknik ini telah dipraktikkan selama berabad-abad dalam tradisi pengobatan alternatif seperti akupresur dan refleksologi, penting untuk diingat bahwa menginduksi kontraksi dengan titik pijat harus dilakukan dengan hati-hati dan selalu berkonsultasi dengan tenaga medis profesional sebelum mencoba teknik ini.

Artikel ini akan membahas beberapa titik pijat yang diyakini dapat membantu mempercepat kontraksi persalinan.

1. Titik Pijat "Hui Yin" (Perineum):

Titik pijat Hui Yin terletak di antara anus dan vagina.

Merangsang titik ini diyakini dapat membantu mengaktifkan rahim dan memperkuat kontraksi.

Caranya adalah dengan duduk dengan nyaman dan lembut menekan area ini dengan jari-jari Anda selama beberapa detik. Penting untuk dilakukan dengan lembut dan hati-hati untuk menghindari cedera atau ketidaknyamanan.

2. Titik Pijat "Sanyinjiao" (SP6):

Titik akupresur Sanyinjiao, juga dikenal sebagai SP6, terletak di bagian dalam kaki, empat jari di atas pergelangan kaki.

Merangsang titik ini diklaim dapat membantu merangsang kontraksi dan melancarkan persalinan. Anda dapat meraba area ini dengan lembut atau menggunakan teknik pijat lembut dengan tekanan yang sesuai.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewatkan, Berikut Manfaat Senam Kegel untuk Ibu Hamil