Find Us On Social Media :

Wamenkes Dante Sarankan Olahraga untuk Cegah Obesitas, Ini Pilihan Aktivitas Fisik yang Cocok Dilakukan

Olahraga untuk membantu mencegah obesitas.

GridHEALTH.id - Selain kekurangan gizi, obesitas juga menjadi masalah kesehatan berkaitan dengan nutrisi yang perlu diperhatikan.

Dalam beberapa bulan terakhir, kasus obesitas di Indonesia menjadi sorotan.

Kondisi berat badan yang berlebihan memang tak boleh disepelekan, karena bisa berakibat fatal. Seperti dua kasus terakhir yang terjadi pada Muhammad Fajri dan Cipto.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui wakil menteri kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, peningkatan angka obesitas terjadi di wilayah peyangga seperti Tangerang, Depok, dan Bogor.

Hasil survei Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pun juga menunjukkan peningkatan kasus obesitas dari 15,3 persen pada 2013 menjadi 21,8 persen pada 2018.

Melihat kondisi ini, Dante mengajak masyarakat untuk lebih cermat memilih makanan yang akan dikonsumsi, agar terhindar dari dampak obesitas.

Selain itu, ia juga menyarankan masyarakat memanfaatkan waktu libur untuk berolahraga, supaya terhindar dari kondisi ini.

"(Mencegah obesitas) kuncinya bukan saja di pemerintah. Kembali kepada keluarga. Sekarang saya mau tanya kalau hari Minggu jalan-jalan ke mana? Ke mal. Di mal ngapain? Duduk, makan. Ya kita (bisa) jalan-jalan itu ke taman, olahraga," ujarnya, Senin (24/7/2023).

Jenis Olahraga untuk Mencegah Obesitas

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan saat waktu luang untuk menekan risiko obesitas.

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah olahraga ringan namun efektif yang dapat dilakukan oleh hampir semua orang. 

Aktivitas ini tidak hanya membantu membakar kalori, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah, menguatkan otot, dan menjaga kesehatan jantung. 

Baca Juga: Kasus Obesitas Meningkat Signifikan, Berisiko Timbulkan 6 Penyakit Ini