Find Us On Social Media :

Ada Jutaan Penyandang Diabetes di Jakarta, Apa yang Menyebabkannya?

Meningkatnya kasus diabetes pengaruh gaya hidup.

GridHEALTH.id - Prevalensi atau angka kejadian diabetes di Jakarta, diketahui mengalami peningkatan.

Diabetes adalah gangguan metabolisme yang disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah di atas ambang normal.

Sering disebut juga sebagai penyakit kencing manis, masalah kesehatan ini dipicu oleh resistensi insulin atau jumlah insulin yang tidak cukup untuk menggunakan gula darah dengan baik.

Penyakit ini perlu diketahui dapat dialami oleh siapapun, mulai dari usia anak-anak hingga lanjut usia.

Dikutip dari Kompas.com (20/8/2023), data Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan adanya peningkatan kasus penderita diabetes di Ibu Kota.

Prevalensinya mencapai 11,4 persen dengan jumlah penyandang sebanyak 1.532.000 orang pada 2021.

Peningkatan angka kejadian tersebut, diketahui juga berpengaruh terhadap prevalensi global, di mana Indonesia berada di posisi kelima negara dengan diabetes.

Apa Penyebab Lonjakan Kasus Diabetes?

Akan tetapi, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin Metabolik Diabetes Dr. dr. Wismandari Wisnu, Sp.PD-KEMD, FINASIM, mengatakan penyebabnya bisa karena banyak faktor.

"Diabetes itu bukan hanya karena makanan, tapi juga pola hidup yang lain seperti kurangnya gerak. Apalagi kemarin (waktu pandemi) Covid-19," katanya kepada GridHEALTH, Kamis (24/8/2023).

Peningkatan angka kejadian diabetes, diperkirkan berhubungan dengan situasi pandemi Covid-19, yang mengharuskan orang lebih banyak berdiam diri di rumah.

"Pada fase itu kita jarang bergerak, (misal) yang disuruh work from home itu lebih banyak di rumah. Mau enggak mau, yang tadinya rajin ke gym jadi enggak bisa," ujar Sekertaris Umum PP Perkeni ini.

Baca Juga: Benarkah Merasa Sering Mengantuk Setelah Makan Merupakan Tanda Diabetes?