Find Us On Social Media :

Benarkah Kadar Gula Tinggi Menyebabkan Ngantuk? Ternyata Ini Alasannya

Gula darah tinggi disebut-sebut dapat menyebabkan ngantuk

GridHEALTH.idKadar gula darah yang tinggi, atau hiperglikemia, sering kali dihubungkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Salah satu yang disebut kerap muncul ketika gula darah tinggi adalah rasa ngantuk. Namun, benarkah gula darah tinggi menyebabkan ngantuk?

Agar tidak simpang siur, berikut ini penjelasan selengkapnya tentang kaitan antara kadar gula tinggi dan kondisi ngantuk, serta dampaknya pada keseharian seseorang.

Benarkah kadar gula tinggi menyebabkan ngantuk?

Inilah penjelasan mengenai keterkaitan antara kadar gula tinggi dan rasa ngantuk.

1. Kadar gula darah tinggi dan kondisi ngantuk

Ketika kadar gula darah naik secara signifikan, tubuh cenderung mengeluarkan lebih banyak insulin untuk mengatasi lonjakan gula.

Pada beberapa kasus, setelah insulin bekerja mengatur gula darah, kadar gula bisa turun drastis, menyebabkan hipoglikemia atau rendahnya kadar gula darah. Hipoglikemia dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, keringat berlebih, gemetar, dan rasa ngantuk.

Oleh karena itu, meskipun kadar gula darah yang tinggi sendiri tidak langsung menyebabkan ngantuk, fluktuasi ekstrim dalam kadar gula darah, terutama turun secara tiba-tiba, bisa menjadi penyebab rasa kantuk.

2. Peran hormon insulin dan glukosa

Hormon insulin memiliki peran penting dalam pengaturan gula darah.

Saat tubuh mengalami lonjakan gula darah setelah makan, insulin dilepaskan untuk membantu sel-sel tubuh mengambil glukosa dan mengurangi kadar gula dalam darah.

Ketika tubuh mengalami hipoglikemia, insulin dapat membuat gula darah turun secara drastis, menyebabkan rasa ngantuk dan lelah.

3. Kaitan dengan diabetes

Penderita diabetes, terutama mereka yang mengalami fluktuasi gula darah yang signifikan, dapat mengalami rasa ngantuk akibat perubahan kadar gula darah.

Baca Juga: Jangan Sampai Terkena Diabetes, Kontrol Gula Darah dengan 5 Air Rebusan Daun Ini