Find Us On Social Media :

Terobosan Terapi Sel Punca, Perlunya Akses Mudah Masyarakat Untuk Advanced Therapy

Diperlukan kemudahan akses terapi sel punca di Indonesia.

GridHEALTH.id - Terapi sel punca (stem cell therapy) adalah bentuk terapi medis yang menggunakan sel punca untuk menyembuhkan atau merawat suatu penyakit atau kondisi medis.

Sel punca adalah jenis sel yang memiliki kemampuan unik untuk berkembang menjadi berbagai jenis sel dalam tubuh, termasuk sel-sel yang spesifik untuk organ atau jaringan tertentu.

Karena kemampuannya untuk berdiferensiasi menjadi berbagai jenis sel, sel punca dianggap memiliki potensi regeneratif dan reparatif yang besar.

Dalam terapi sel punca, sel punca dapat diambil dari berbagai sumber, termasuk sumsum tulang, darah tali pusat, atau jaringan tubuh lainnya.

Sel punca kemudian dapat ditempatkan dalam tubuh pasien untuk memperbaiki atau menggantikan sel-sel yang rusak atau mati.

Terapi sel punca telah menjadi fokus penelitian karena dapat mengatasi berbagai penyakit dan kondisi, termasuk penyakit degeneratif, penyakit jantung, penyakit autoimun, dan cedera serius.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penggunaan terapi sel punca masih dalam tahap pengembangan, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami efikasi, keamanan, dan potensi risiko terkait dengan berbagai jenis terapi sel punca.

Penggunaan inovatif sel punca, sel, dan derivatifnya dalam bidang pengobatan penyakit saat ini menunjukkan potensi yang sangat menjanjikan.

Beberapa kondisi medis, seperti peradangan sendi, masalah jantung, gangguan syaraf, stroke, dan kanker, dapat diobati melalui terapi ini.

Menurut data United States Food and Drug Administration (US FDA), seperti dikutip dari rilis BPOM, terdapat 32 produk Advanced Therapy Medicinal Products (ATMP) yang telah disetujui, termasuk produk berbasis sel punca atau sel terapi.

Meskipun demikian, di Indonesia, belum ada satu pun produk ATMP yang dapat diakses oleh masyarakat.

Baca Juga: Sudah 3 Pasien HIV Sembuh dengan Terapi Sel Punca, Tapi Risikonya Tidak Kecil