Find Us On Social Media :

Mengenal 11 Gangguan Sistem Pernapasan, Salah Satunya Kanker

Beragam penyakit dan kelainan yang menyerang sistem pernapasan.

GridHEALTH.id - Kali ini, akan membahas materi pelajaran Biologi kelas XI mengenai Sistem Pernapasan.

Manusia, seperti yang diketahui sehari-hari bernapas melalui sebuah sistem, yang terdiri dari saluran pernapasan atas dan bawah.

Saluran pernapasan atas meliputi hidung, rongga hidung, sinus, paranasal, faring, dan laring yang ada di atas pita suara.

Sedangkan saluran pernapasan bawah terdiri dari laring, trakea, bronkus, bronkioulus, dan alveolus.

Ketika bernapas, dalam tubuh terjadi pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. Keluar masuknya udara dalam paru-paru dipengaruhi oleh perbedaan tekanan udara dalam rongga dada dan tekanan udara di luar tubuh.

Jika tekanan di luar rongga dada lebih besar, maka udara akan masuk. Sebaliknya, bila tekanan dalam rongga dada lebih besar, maka udara akan keluar.

Pada umumnya, intensitas pernapasan seseorang berkisar antara 16 sampai 18 kali. 

Gangguan Sistem Pernapasan

Terdapat sejumlah gangguan, termasuk kelainan dan penyakit, yang menyerang sistem pernapasan manusia. Beberapa diantaranya adalah berikut.

1. Asma

Asma merupakan gangguan pada rongga saluran pernapasan yang terjadi akibat kontraksi otot polos di trakea dan mengakibatkan kesulitan bernapas.

Asma biasanya disebabkan oleh hipersensitivitas bronkiolus, terhadap benda-benda asing di udara. Penyakit ini juga bisa dipicu oleh faktor psikis dan penyakit menurun.

2. Tuberkulosis (TBC)

Penyakit spesifik yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosae. Bakteri ini bisa menyerang semua organ tubuh, tapi paling sering adalah paru-paru dan tulang.

Baca Juga: Ketahui Fungsi Sistem Peredaran Darah Tubuh Manusia dan Cara Kerjanya