Find Us On Social Media :

Raja Charles III Didiagnosis Kanker, Ketahui Jenis-jenis Kanker yang Umum pada Lansia

Kondisi Raja Charles III dikabarkan baik selama jalani pengobatan.

GridHEALTH.id - Kabar kurang mengenakkan datang dari keluarga kerajaan Inggris.

Setelah didiagnosis dan menjalani perawatan pembesaran prostat, Raja Charles III dikabarkan mengalami kanker.

Melansir AP News, Selasa (6/2/2024), Istana Buckingham mengatakan kanker yang dialami Raja Charles ditemukan saat ia menjalani pengobatan pembesaran prostat.

Kendati demikian, pihak istana tidak menjelaskan lebih lanjut jenis kanker yang dialami oleh sang Raja dan mengatakan kondisinya tidak saling berkaitan.

Kanker yang dialami oleh Raja Charles III diketahui terdiagnosis pada tahap awal dan baru-baru ini Ratu Camila mengatakan, kondisi suaminya sangat baik.

"Dia baik-baik saja dalam situasi seperti ini, dia sangat tersentuh dengan semua surat dan pesan yang dikirimkan masyarakat dari mana saja, itu sangat menggembirakan," kata Camila dikutip dari The Guardian, Jumat (9/2/2023).

Diketahui setelah terdiagnosis kanker, Raja berusia 75 tahun tersebut untuk sementara muncul di hadapan publik dan menghabiskan waktu di Sandringham.

Mengenal Jenis Kanker yang Dialami Lansia

Dokter spesialis bedah onkologi Dr. dr. Denni Joko Purwanto, SpB(K), Onk, menjelaskan apa itu kanker.

Kanker merupakan pertumbuhan sel abnormal (proliferasi) yang tidak terkendali.

"Pertumbuhan sel abnomral ini dapat merusak sel normal di sekitarnya (invasif) dan menyebar ke bagian tubuh yang lain (metastatis)," kata dokter Denni kepada GridHEALTH, Kamis (8/2/2024).

"Kanker dapat tumbuh dan terjadi di setiap jaringan tubuh. Proses terjadinya melalui karsinogenesis, mulai dari perubahan sel normal kemudian menjadi kanker," jelasnya.

Baca Juga: Segera Periksa Bila Alami Batuk Seperti Ini, Bisa Jadi Gejala Kanker Paru