Find Us On Social Media :

Cara Aman dan Efektif Mencegah Radang Tenggorokan di Cuaca Dingin Seperti Sekarang

Cara mencegah radang tenggorokan

GridHEALTH.id - Radang tenggorokan adalah masalah umum yang dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, iritasi, atau faktor lingkungan tertentu. Untuk mencegah radang tenggorokan dan menjaga kesehatan saluran tenggorokan, ada beberapa langkah yang dapat diambil.

Artikel ini akan membahas cara mencegah radang tenggorokan dengan efektif.

1. Jaga Kebersihan Tangan:

Fakta: Virus dan bakteri dapat dengan mudah menyebar melalui kontak tangan. Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik dapat membantu mencegah penularan infeksi yang dapat menyebabkan radang tenggorokan.

2. Hindari Kontak Langsung dengan Penderita Infeksi:

Fakta: Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit, terutama jika mereka memiliki gejala flu atau infeksi saluran pernapasan. Penularan virus atau bakteri dapat menyebabkan radang tenggorokan.

3. Vaksinasi Influenza dan Pencegahan Penyakit Menular:

Fakta: Mendapatkan vaksin influenza setiap tahunnya dan vaksin lain yang dianjurkan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit menular, termasuk infeksi tenggorokan.

4. Rutin Berkumur dengan Air Garam:

Fakta: Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu membersihkan lendir, bakteri, dan virus di tenggorokan. Lakukan ini beberapa kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kelembapan saluran tenggorokan.

5. Hindari Paparan Asap Rokok:

Baca Juga: Mengungkap Fakta, Benarkah Makan Gorengan Bisa Menyebabkan Radang Tenggorokan?