Find Us On Social Media :

10 Manfaat Mengonsumsi Lengkuas Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya untuk Mengatur Gula Darah

manfaat lengkuas untuk kesehatan

GridHEALTH.id - Lengkuas, atau sering juga disebut laos, adalah tumbuhan akar yang memiliki rasa dan aroma khas. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, lengkuas juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah dengan mengonsumsi air rebusan lengkuas. Berikut adalah beberapa manfaat air rebusan lengkuas untuk kesehatan:

1. Meredakan Masalah Pencernaan:

Air rebusan lengkuas dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti perut kembung, gas, dan masuk angin. Senyawa aktif dalam lengkuas dapat merangsang produksi enzim pencernaan.

2. Antiinflamasi Alami:

Lengkuas mengandung zat antiinflamasi alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah sendi atau kondisi inflamasi lainnya.

3. Penyembuhan Batuk dan Pilek:

Kandungan antioksidan dan zat antivirus dalam lengkuas dapat membantu meredakan gejala batuk dan pilek. Rebusan lengkuas sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah saluran pernapasan.

4. Mengurangi Rasa Mual:

Lengkuas dapat membantu mengurangi rasa mual, baik yang disebabkan oleh mabuk perjalanan, kehamilan, atau kondisi medis tertentu.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh:

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Lengkuas untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Ini