Find Us On Social Media :

Mengapa Asam Lambung Bisa Menjadi Parah? Penyebab Meninggalnya Aktor Senior Didi Petet

Asam lambung dapat menyebabkan kondisi serius, bila tidak diobati.

GridHEALTH.id - Penyakit asam lambung termasuk masalah kesehatan yang cukup sering terjadi.

Tak jarang dianggap sebagai hal yang sepele. Padahal tanpa pengobatan yang tepat, dapat berujung pada kondisi yang lebih serius. Penyakit ini sempat dialami oleh mendiang Didi Petet, yang berpulang pada 15 Mei 2015 lalu.

Diberitakan Harian Kompas pada (15/5/2015), aktor senior Indonesia ini meninggal dunia di Bambu Apus, Tangerang Selatan.

Putrinya yang bernama Nabila mengatakan, sebelumnya Didi Petet baru kembali dari Expo Milano 2015 di Italia dan juga mengidap penyakit asam lambung.

Belajar dari kisah Didi Petet, penting untuk tidak menganggap remeh penyakit ini dan mencari tahu alasan mengapa kondisinya bisa berujung serius.

Mengapa Asam Lambung Bisa Sampai Parah?

Asam lambung adalah penyakit yang menyebabkan cairan isi lambung yang asam mengalir ke kerongkongan.

Kondisi ini terjadi sesekali dan merupakan hal yang wajar. Pada tahap ini, risiko kondisinya menjadi lebih serius pun rendah.

Akan tetapi, asam lambung bisa menjadi parah dan ini sering disebut dengan istilah gastroesophageal reflux disease (GERD).

Ini merupakan sebuah kondisi di mana kejadian refluks asam terjadi lebih sering. Memang bukan kondisi yang mengancam jiwa, tapi dapat berujung ke masalah kesehatan lebih serius.

Penyebabnya menurut Mayo Clinic, saat menelan pita otot melingkar di sekitar bagian bawah kerongkongan (LES) mengendur untuk memudahkan makanan mengalir ke perut. Setelahnya, sfingter akan menutup kembali.

Tapi pada pengidap asam lambung, sfingter tidak rileks sebagaimana mestinya. Sehingga, asam lambung dapat mengalir kembali ke kerongkongan.

Baca Juga: Jangan Lagi Asal Berbaring, Inilah Posisi Tidur yang Tepat untuk Meredakan Asam Lambung Naik