Find Us On Social Media :

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia, Kesadaran Masyarakat Merawat Gigi Masih Rendah

Kampanye Senyum Sehat Indonesia bertujuan mengedukasi masyarakat pentingnya merawat gigi.

GridHEALTH.id - Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia atau World Oral Health Day, diperingati setiap tanggal 20 Maret.

Kesehatan gigi penting diperhatikan, namun seringkali kondisinya terabaikan.Kesehatan gigi yang terganggu, dapat menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan, hingga membuat seseorang tak percaya diri.

Pada tahun ini, tema yang diusung dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Sedunia 2024 adalah "Happy mouth is... a happy body".

Tema tersebut dipilih karena kesehatan gigi, berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ketua Pengurus Besar PGDI drg. Usman Sumantri, MSc, menjelaskan memang kesehatan gigi saling berkaitan dengan penyakit lain.

Untuk meningkatkan kesadaran gigi dan mulut masyarakat yang masih rendah, perlu dilakukan edukasi berkelanjutan.

“Edukasi berkelanjutan masih menjadi prioritas guna membantu masyarakat memperbaiki perilaku dan kebiasaan merawat kesehatan gigi dan mulut," kata dokter gigi Usman dalam peringatan World Oral Health Day 2024, Rabu (20/3/2024).

"Untuk itu, kami terus mengajarkan pentingnya sikat gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, serta rutin konsultasi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali," sambungnya.

Apalagi pada Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia kali ini, bertepatan dengan bulan Ramadan ditemui fakta yang mengejutkan.

Di mana terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien yang datang ke dokter untuk memeriksakan kondisi giginya.

"Terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien di sejumlah RSGM FKG Universitas di berbagai kota selama bulan Ramadan," kata Dr. drg. Julita Hendrartini, M.Kes., Ketua ARSGMPI.

Baca Juga: Jangan Asal Cabut Gigi Sendiri! Ini 6 Akibat Fatal yang Bisa Terjadi