Find Us On Social Media :

Percaya Mitos Masih Menjadi Tantangan Terbesar Peningkatan Cakupan Vaksinasi

Manfaat vaksinasi yang bisa didapatkan juga oleh orang dewasa.

GridHEALTH.id - Menjaga kesehatan tak hanya dengan menerapkan pola makan sehat dan rajin berolahraga.

Menerapkan gaya hidup sehat sehari-hari memang merupakan hal baik dan penting untuk dilakukan.

Kendati begitu, untuk menjaga kesehatan yang optimal dan melindungi diri dari berbagai penyakit, seseorang juga perlu melengkapinya dengan vaksinasi.

UNICEF dalam website resminya bahkan menegaskan manfaat vaksinasi bagi kesehatan, yakni bisa mencegah 4,4 juta kematian setiap tahunnya.

"Vaksinasi menjadi salah satu elemen penting dalam menerapkan pola hidup sehat selain diiringi dengan sering berolahraga dan konsumsi makanan begizi," kata dokter umum dr. Alfi Auliya Rachman, MKM, Selasa (30/4/2024).

Ia mengingatkan, manfaat vaksinasi tidak hanya diperlukan oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Menurutnya, dengan vaksinasi seseorang dapat terlindungi dari berbagai penyakit, terutama yang bersifat kronis.

Manfaat tersebut tentunya lebih menguntungkan, dibandingkan hanya pergi ke dokter untuk menanangi keluhan yang sedang dialami.

"Misalnya pergi ke dokter karena sakit demam, akan diberikan obat demam untuk menanganinya. Jadi pengobatan hanya diberikan spesifik satu penyakit," katanya.

"Sedangkan kalau pencegahan (dengan vaksinasi) akan mencegah secara general, tidak spesifik hanya satu penyakit," sambungnya.

Manfaat vaksinasi tak hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri, tapi dampak positifnya juga dirasakan oleh orang di sekitar.

Baca Juga: Kisaran Biaya Vaksin HPV di Rumah Sakit dan Manfaat yang Didapatkan