Find Us On Social Media :

8 Komitmen Deklarasi Air untuk Kesejahteraan Bersama di World Water Forum Bali 2024

President Joko Widodo dalam 10th World Water Forum 2024 di Nusa Dua, Badung, Bali.

GridHEALTH.id - World Water Forum merupakan forum internasional yang diselenggarakan oleh World Water Council.

Sebagai salah satu platform utama di dunia, forum ini memfasilitasi diskusi dan berbagi pengetahuan mengenai masalah air secara global, termasuk tantangan, inovasi, dan solusi terkait manajemen air.

World Water Forum ke-10 diselenggarakan di Bali pada tanggal 18 hingga 25 Mei 2024, dengan tema "Water for Shared Prosperity" atau "Air untuk Kesejahteraan Bersama".

Forum ini dibuka oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo, menandai komitmen Indonesia dalam menghadapi tantangan air yang semakin kompleks.

Air merupakan unsur vital yang semakin penting dalam kehidupan manusia. Ancaman terhadap sumber daya alam ini meningkat seiring dengan pertumbuhan demografi, urbanisasi, dan perubahan iklim yang tidak pasti.

Pendekatan yang holistik diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah yang terkait dengan air, mulai dari ketersediaan hingga keberlanjutan pengelolaan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian, menyampaikan pentingnya kerjasama antara pemerintah lokal, provinsi, dan regional dalam menyediakan akses air bersih dan sanitasi bagi masyarakat.

Peran otoritas lokal semakin penting dalam mencegah bencana terkait air, seperti banjir dan kekeringan, serta dalam melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem.

Komunitas global juga menegaskan komitmennya untuk melindungi sumber daya air dan menjaga kualitasnya. Melalui kontrol polusi yang ketat, baik dari sektor domestik, industri, maupun pertanian, kita dapat menjaga keberlanjutan planet ini bagi generasi mendatang.

Dalam World Water Forum ke-10, berbagai pemangku kepentingan dari seluruh dunia menyatukan komitmen mereka untuk menyelesaikan tantangan air global.

Komitmen tersebut berbunyi:

Baca Juga: Mitos dan Fakta Penyakit Tropis Terabaikan, Salah Satu Target Kesehatan SDGs