Find Us On Social Media :

Melihat Hubungan Antara Gula dan Kanker

Ada penelitian yang menunjukkan hubungan antara gula dan kanker.

GridHEALTH.id - Konsumsi gula dalam jumlah tinggi memiliki dampak yang menakutkan terkait risiko kanker.

Meskipun belum ada bukti bahwa gula secara langsung menyebabkan pertumbuhan kanker dalam tubuh, obesitas yang dipicu oleh konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan risiko mengembangkan berbagai jenis kanker.

Gula dan Risiko Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi gula yang berlebihan dikaitkan dengan kesempatan bertahan hidup yang lebih rendah bagi penderita kanker, khususnya kanker payudara dan kanker usus besar.

Dikutip dari NIH, penelitian dari epidemiologis menunjukkan bahwa konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan perkembangan kanker dan progresi penyakit pada penderita kanker, terlepas dari hubungan antara gula dan obesitas.

Dalam artikel yang diterbitkan di WebMD, para ahli kanker lainnya mengatakan bahwa gula itu sendiri dapat memicu kanker. Salah satu peneliti tersebut adalah Lewis Cantley, PhD, direktur Meyer Cancer Center di Weill Cornell Medicine di New York.

Cantley berpendapat bahwa beberapa jenis kanker mungkin dimulai dengan kadar insulin yang tinggi, hormon yang mengontrol jumlah gula dalam darah Anda. Dia mengatakan bahwa penelitiannya menunjukkan bahwa "memiliki kadar insulin yang tinggi kemungkinan besar memicu kanker. Dan yang meningkatkan kadar insulin adalah gula."

Kanker sendiri adalah istilah yang digunakan untuk penyakit di mana sel-sel abnormal membelah tanpa terkontrol dan mampu menyerang jaringan lain. Sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Setiap manusia berisiko terkena kanker karena memiliki sel kanker di dalam tubuhnya. Namun, tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk mematikan sel kanker sehingga tidak berkembang menjadi kanker yang mematikan.

Sayangnya, konsumsi gula berlebihan merusak mekanisme tersebut. Penelitian mengungkap bahwa gula merupakan nutrisi yang baik bagi sel kanker untuk berkembang. Sejumlah penelitian juga menunjukkan hubungan yang kuat antara konsumsi gula dan peningkatan risiko kanker.

Wanita dengan kadar gula darah sangat tinggi jauh lebih mungkin untuk menderita kanker payudara. Penelitian ini menegaskan pentingnya mengontrol asupan gula untuk mengurangi risiko terkena kanker.

Baca Juga: Pengaruh Gula Bebas terhadap Obesitas dan Rekomendasi WHO tentang Pemanis Non-Gula