Find Us On Social Media :

Manfaat Kunyit untuk Diabetes, Rahasia Kesehatan Alami yang Perlu Diketahui

Manfaat kunyit untuk diabetes.

GridHEALTH.id - Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang paling umum di dunia, dan penanganannya memerlukan perawatan yang terus-menerus serta perubahan gaya hidup.

Salah satu bahan alami yang telah lama dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan adalah kunyit.

Kunyit, yang sering digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata memiliki potensi besar dalam membantu mengelola diabetes.

Ketahui manfaat kunyit untuk diabetes dan mengapa Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk memasukkannya dalam diet harian.

Apa Itu Kunyit?

Kunyit adalah tanaman dari keluarga jahe (Zingiberaceae) yang banyak tumbuh di Asia Selatan dan Tenggara.

Bagian yang paling sering digunakan adalah rimpangnya, yang diolah menjadi bubuk kunyit berwarna kuning cerah.

Kunyit telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Ayurveda dan Tiongkok karena sifatnya yang antiinflamasi dan antioksidan.

Kandungan Aktif dalam Kunyit: Kurkumin

Manfaat kesehatan utama dari kunyit berasal dari senyawa aktifnya yang disebut kurkumin. Kurkumin adalah polifenol yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu mengontrol kadar gula darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi insulin.

Manfaat Kunyit untuk Diabetes

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Kurkumin meningkatkan sensitivitas insulin, yang memungkinkan sel-sel tubuh menggunakan glukosa lebih efektif. Dengan meningkatkan sensitivitas insulin, kunyit membantu mencegah lonjakan kadar gula darah yang sering terjadi pada penderita diabetes.

2. Mengurangi Peradangan

Diabetes sering dikaitkan dengan peradangan kronis. Sifat antiinflamasi dari kurkumin dapat membantu mengurangi peradangan pada pankreas dan jaringan lain yang berperan dalam metabolisme glukosa. Dengan mengurangi peradangan, kurkumin membantu meningkatkan fungsi insulin dan mengurangi risiko komplikasi diabetes.

3. Melindungi dari Kerusakan Oksidatif

Penderita diabetes sering mengalami stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel tubuh dan memperburuk kondisi diabetes. Kurkumin memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif. Dengan melawan radikal bebas, kunyit membantu menjaga kesehatan sel dan jaringan tubuh.

Baca Juga: Selain Luka, 4 Hal Ini juga Harus Dirawat Oleh Pasien Diabetes