Find Us On Social Media :

Berapa Batas Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak per Hari yang Aman?

Batas konsumsi gula, garam dan lemak per hari

GridHEALTH.idPola makan yang seimbang dan sehat adalah salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengatur konsumsi gula, garam, dan lemak menjadi sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit kronis seperti obesitas, hipertensi, dan penyakit jantung.

Namun, banyak orang yang belum menyadari berapa batas aman konsumsi ketiga bahan ini setiap harinya.

Agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan, berikut ini penjelasan mengenai batas konsumsi gula, garam, dan lemak per hari yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Batas konsumsi gula per hari

Gula adalah sumber energi yang cepat bagi tubuh, namun konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas dan diabetes tipe 2. Berikut adalah panduan konsumsi gula yang dianjurkan:

- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

WHO merekomendasikan agar asupan gula tambahan tidak lebih dari 10% dari total asupan kalori harian.

Untuk orang dewasa dengan kebutuhan kalori harian sekitar 2000 kalori, ini berarti tidak lebih dari 50 gram atau sekitar 12 sendok teh gula per hari.

Namun, WHO juga menyarankan agar konsumsi gula tambahan idealnya dibatasi hingga 5% dari total asupan kalori harian, yang setara dengan sekitar 25 gram atau 6 sendok teh gula per hari.

- American Heart Association (AHA)

AHA merekomendasikan batas konsumsi gula tambahan untuk wanita adalah 6 sendok teh (25 gram) per hari dan untuk pria adalah 9 sendok teh (36 gram) per hari.

Mengurangi konsumsi minuman manis, makanan ringan yang tinggi gula, dan memilih makanan dengan kandungan gula alami seperti buah-buahan dapat membantu mengendalikan asupan gula harian.

Batas konsumsi garam per hari

Garam (natrium) diperlukan tubuh untuk fungsi otot dan saraf, namun konsumsi berlebih dapat meningkatkan risiko hipertensi dan penyakit jantung. Berikut adalah batas konsumsi garam yang direkomendasikan:

Baca Juga: Pantangan Makanan Penderita Batu Ginjal, Ini 7 yang Harus Dihindari untuk Cegah Komplikasi