Find Us On Social Media :

Temuan Terbaru Tunjukkan Hampir Sepertiga Orang Dewasa di Dunia Kurang Aktivitas Fisik

Terjadi trend penurunan aktivitas fisik di dunia.

GridHEALTH.id - Data terbaru menunjukkan bahwa hampir sepertiga (31%) orang dewasa di seluruh dunia, sekitar 1,8 miliar orang, tidak memenuhi tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan.

Temuan ini menunjukkan tren yang mengkhawatirkan mengenai kurangnya aktivitas fisik di kalangan orang dewasa, yang telah meningkat sekitar 5 persen antara tahun 2010 dan 2022.

Jika tren ini terus berlanjut, tingkat ketidakaktifan fisik diproyeksikan akan meningkat hingga 35% pada tahun 2030.

Dunia saat ini masih jauh untuk mencapai target dalam mengurangi ketidakaktifan fisik pada tahun 2030.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar orang dewasa melakukan aktivitas fisik intensitas sedang selama 150 menit, atau 75 menit aktivitas fisik intensitas tinggi, atau kombinasi keduanya per minggu.

Kurangnya aktivitas fisik membuat orang dewasa berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Termasuk juga penyakit diabetes tipe 2, demensia, serta kanker seperti kanker payudara dan usus besar.

Studi yang Diterbitkan di The Lancet Global Health

Studi ini dilakukan oleh peneliti dari WHO dan diterbitkan dalam jurnal The Lancet Global Health.

"Temuan baru ini menyoroti peluang yang hilang untuk mengurangi kanker dan penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan melalui peningkatan aktivitas fisik," kata Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO.

"Kita harus memperbarui komitmen kita untuk meningkatkan tingkat aktivitas fisik dan memprioritaskan tindakan berani, termasuk memperkuat kebijakan dan meningkatkan pendanaan, untuk membalikkan tren yang mengkhawatirkan ini."

Baca Juga: Rutin Jalan Kaki Selama 30 Menit, Benarkah Bisa Bikin Berat Badan Turun?