Find Us On Social Media :

Sering Diabaikan, Keputihan Berbau Ternyata Bisa Jadi Pertanda Sederet Penyakit Ini

Penyebab keputihan berbau

GridHEALTH.id – Keputihan adalah keluarnya cairan dari vagina yang biasanya bersifat alami dan berfungsi sebagai mekanisme pembersihan dan pelindung dari infeksi.

Namun, jika keputihan berbau tidak sedap, Anda perlu berhati-hati karena itu bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Lantas, apa saja penyebab keputihan yang berbau?

Berikut ini penyebab sekaligus cara mengatasi keputihan berbau.

Penyebab keputihan berbau

Melansir dari berbagai sumber, inilah beberapa penyebab dan cara mengatasi keputihan berbau.

1. Infeksi bakteri vaginosis

Bakteri vaginosis adalah infeksi bakteri yang sering menjadi penyebab utama keputihan berbau tidak sedap. Gejalanya termasuk keputihan yang berwarna abu-abu atau putih dengan bau amis. Infeksi ini terjadi karena ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat di vagina.

2. Infeksi jamur

Infeksi jamur, seperti candidiasis, juga dapat menyebabkan keputihan berbau. Keputihan akibat infeksi jamur biasanya berwarna putih kental dan disertai dengan rasa gatal dan iritasi di area vagina. Bau yang dihasilkan cenderung asam atau tidak sedap.

3. Penyakit menular seksual (PMS)

Beberapa PMS seperti trikomoniasis dapat menyebabkan keputihan berbau. Trikomoniasis adalah infeksi parasit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Gejalanya termasuk keputihan berwarna kuning atau hijau dengan bau tidak sedap, disertai rasa gatal dan perih saat buang air kecil.

Baca Juga: Hati-hati Kalau Alami Keputihan yang Banyak, Bisa Jadi Pertanda 5 Penyakit Berbahaya Ini