Find Us On Social Media :

Masyarakat Diwanti-wanti Persiapkan Tas Siaga Bencana karena Potensi Gempa Besar Megathrust, Apa Saja Isinya?

Isi tas siaga bencana

GridHEALTH.id – Belakangan ini, ramai di media sosial kabar bahwa Indonesia berpotensi dilanda gempa berkekuatan besar atau megathrust.

Melansir dari Kompas.com, menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, gempa Megathrust bisa terjadi setelah melihat seismic gap di zona Megathrust Selat Sunda dan Megathrust Mentawai-Siberut.

Ia memperkirakan, Megathrust Selat Sunda dapat memicu gempa dengan kekuatan maksimal M 8,7 dan Megathrust Mentawai-Siberut M 8,9.

"Rilis gempa di kedua segmen megathrust ini boleh dikata 'tinggal menunggu waktu' karena kedua wilayah tersebut sudah ratusan tahun belum terjadi gempa besar," ungkap Daryono, dikutip dari Kompas.com, Senin (12/8/2024).

Untuk berjaga-jaga, salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah tas siaga bencana.

Apa itu tas siaga benca? Dan, apa saja yang harus dibawa? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Apa itu tas siaga bencana?

Melansir dari laman djkn.kemenkeu.go.id, tas siaga bencana atau Emergency Preparedness Kit merupakan tas yang berisi barang-barang kebutuhan rumah tangga penting, yang telah dipersiapkan untuk keadaan darurat.

Tas ini bisa menjadi antisipasi ketika bencana terjadi. Jadi, kita hanya perlu membawa tas ini saja dan tidak perlu panik lagi mengumpulkan barang-barang penting. Umumnya, tas siaga bencana yang digunakan harus terbuat dari bahan anti air dan cukup kuat menahan beban yang akan dibawa.

Mengapa tas siaga bencana penting?

Dalam situasi darurat, seringkali waktu menjadi faktor yang krusial. Ketika bencana melanda, terkadang kita harus segera mengungsi atau kehilangan akses ke pasokan dan fasilitas penting.

Dalam keadaan seperti ini, tas siaga bencana dapat membantu kita. Berikut adalah alasan mengapa memiliki tas siaga bencana sangat penting:

1. Kesiapan dalam keadaan darurat: Dengan memiliki tas siaga bencana yang siap pakai, kita dapat menghemat waktu yang biasanya dibutuhkan untuk mencari dan mengumpulkan peralatan yang diperlukan untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga: Mengatasi Trauma Pasca Bencana, Ini 6 Langkah Penyembuhan yang Bisa Dilakukan