Find Us On Social Media :

Gizi Lengkap Keluarga Sehat Wajib Terpenuhi, Simak 6 Buah yang Bagus untuk Ibu Baru Melahirkan

Rekomendasi buah dengan gizi lengkap keluarga sehat yang bagus untuk ibu baru melahirkan

GridHEALTH.id - Setelah melahirkan, tubuh seorang ibu membutuhkan gizi lengkap keluarga sehat untuk proses pemulihan, menjaga kesehatan, serta menunjang produksi ASI bagi bayi.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi ini adalah dengan mengonsumsi buah-buahan.

Hal ini karena buah kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu.

Lantas, apa saja ya buah-buahan yang bagus untuk ibu baru melahirkan? Berikut ini rekomendasi selengkapnya.

Rekomendasi buah yang bagus untuk ibu baru melahirkan

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa rekomendasi buah yang bagus untuk ibu baru melahirkan.

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan kalium, serat, dan vitamin B6. Kalium membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan memulihkan energi setelah melahirkan. Selain itu, serat dalam pisang membantu mengatasi sembelit, yang sering dialami ibu pasca melahirkan.

Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang juga berperan penting dalam produksi sel darah merah dan mendukung kesehatan otak.

2. Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga berperan dalam membantu penyerapan zat besi, yang sangat penting bagi ibu pasca melahirkan untuk mencegah anemia.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam jeruk juga membantu proses penyembuhan tubuh dan meningkatkan kualitas ASI. Jeruk juga mengandung banyak air yang membantu ibu tetap terhidrasi dengan baik.

3. Apel

Apel adalah sumber serat dan vitamin yang baik untuk ibu setelah melahirkan. Serat dalam apel membantu menjaga pencernaan tetap sehat, mencegah sembelit, dan membuat perut kenyang lebih lama.

Apel juga rendah kalori namun kaya akan antioksidan yang dapat membantu pemulihan tubuh. Selain itu, apel memberikan energi yang cukup bagi ibu untuk mengatasi kelelahan setelah melahirkan.

Baca Juga: Ini Dia 5 Penyebab Anak Makan Lahap Tapi BB Tidak Naik Padahal Gizi Lengkap Keluarga Sehat Sudah Terpenuhi