GridHEALTH.id - Layanan darurat medis 119 dari Kementerian Kesehatan RI kini lebih mudah diakses melalui aplikasi SATUSEHAT Mobile.
Menurut Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Dr. Sumarjaya, cara menghubungi 119 melalui aplikasi ini serupa dengan panggilan telepon biasa, namun lebih praktis karena dilakukan lewat satu platform.
Panggilan akan langsung terhubung ke operator dan dilayani sesuai kebutuhan darurat.
“Menghubungi 119 lewat SATUSEHAT Mobile adalah salah satu cara yang dilakukan Kementerian Kesehatan agar masyarakat dapat dengan mudah mengakses nomor kegawatdaruratan dengan hanya menggunakan satu platform aplikasi,” ujar Sumarjaya di Jakarta, dikutip dari Kemenkes RI.
Mekanisme panggilan darurat medis 119 diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2016 tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu.
Panggilan dari masyarakat diterima oleh operator call center yang mengidentifikasi kebutuhan layanan.
Jika bersifat gawat darurat, panggilan diteruskan ke Public Safety Center (PSC) kabupaten/kota untuk penanganan cepat.
PSC bekerja sama dengan fasilitas kesehatan terdekat untuk memobilisasi petugas, ambulans, dan merujuk pasien.
Layanan darurat 119 mencakup panduan tindakan awal, pengiriman bantuan, serta mengantar pasien ke fasilitas kesehatan.
Layanan PSC mencakup penanganan kegawatdaruratan, informasi ketersediaan ruang di rumah sakit, fasilitas kesehatan terdekat, dan ambulans.
Masyarakat yang menghubungi 119 akan mendapatkan informasi sesuai kebutuhan darurat, termasuk ambulans. Penelepon dapat melacak ambulans, mengetahui waktu tiba, jarak, dan waktu tempuh ke fasilitas kesehatan.
Baca Juga: Pemberian Vaksin Mpox Mulai Dilakukan, Kemenkes Utamakan Orang-orang dengan Kondisi Ini
Akses cepat darurat medis 119 melalui SATUSEHAT Mobile dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:
1. Tekan lama aplikasi SATUSEHAT
2. Tekan “Darurat Medis” untuk hubungi 119
3. Ikuti petunjuk dan jelaskan kondisi yang dialami
4. Bantuan medis dan ambulans akan datang ke lokasi Anda
Sumarjaya menyatakan bahwa integrasi layanan darurat medis 119 dengan SATUSEHAT Mobile akan memberikan dampak positif di masa depan.
Dengan integrasi ini, rekam medis pasien dapat terhubung dari layanan ambulans pra-rumah sakit, saat di rumah sakit, hingga antar rumah sakit.
Pra-rumah sakit adalah pelayanan medis darurat yang diberikan sebelum pasien tiba di rumah sakit.
Pelayanan pra-rumah sakit adalah bagian penting dari Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) yang menghubungkan penanganan darurat mulai dari pra-rumah sakit, rumah sakit, hingga rujukan antar rumah sakit. Integrasi layanan darurat 119 dengan SATUSEHAT Mobile diharapkan mempercepat respons darurat.
Masyarakat di seluruh kabupaten/kota dapat mengakses layanan ini melalui nomor yang sama. Untuk wilayah tanpa PSC, panggilan darurat akan dialihkan ke rumah sakit terdekat.
Baca Juga: Biaya Fasilitas Melahirkan di Rumah Sakit yang Ditanggung BPJS Kesehatan, Berapa Kisarannya?