Find Us On Social Media :

Awas Laki-laki juga Bisa Mengalaminya, Ini Gejala Kanker Payudara pada Pria

Kanker payudara juga bisa dialami pria

GridHEALTH.id – Apakah pria bisa terkena kanker payudara? Pertanyaan tersebut sering kali ditanyakan oleh banyak orang.

Ya, kanker payudara memang sering dianggap sebagai penyakit yang hanya menyerang wanita, padahal pria juga berisiko mengalaminya, lo.

Sayangnya, saat ini, masih banyak pria yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki jaringan payudara yang, meskipun kecil, dapat berkembang menjadi kanker.

Lantas, seperti apa gejala kanker payudara pada pria?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini penjelasan dari Dr. Khoo Kei Siong Wakil Direktur Medis dan Konsultan Senior, Onkologi Medis PCC.

Kanker payudara pada pria

Dalam sesi media briefing “The Known, The Unknown, and The New of Breast Cancer” oleh CanHOPE di Jakarta, Kamis (10/10/2024), Dr. Khoo menjelaskan bahwa kanker payudara juga bisa dialami para pria.

“Kanker adalah penyakit yang besar, karena angka harapan hidup menjadi pendek dan juga terganggunya berbagai fungsi di tubuh, seperti pergerakan sehari-hari, pola makan, kebugaran fisik, dan menurunkan banyak berat badan.” ujar Dr. Khoo.

“Kanker payudara juga bisa terjadi pada laki-laki, namun untuk angkanya sangat kecil sekitar 1%. Jadi, misalnya dari 100 orang, hanya ada 1 laki-laki yang mengalaminya.” sambung Dr. Khoo.

Untuk mengetahuinya, dokter biasanya akan melakukan deteksi gen BRCA.

“Pemeriksaan tersebut dilakukan di laboratorium dan biasanya ditemukan tinggi sekali pada orang-orang yang terkena kanker payudara. Biasanya laki-laki yang mengalami kanker payudara ini memang memiliki genetik tersebut.” jelas Dr. Khoo.

Selain genetik, gaya hidup juga memiliki pengaruh yang besar pada terjadinya kanker payudara.

Baca Juga: Pentingnya Deteksi Dini dan Perawatan yang Menyeluruh, Kunci Kesembuhan Kanker Payudara