Find Us On Social Media :

Sering Tidak Disadari, Berikut 4 Tanda Awal Masalah Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Tanda-tanda masalah kesehatan mental di tempat kerja

GridHEALTH.idKesehatan mental di tempat kerja adalah salah satu hal yang sering kali terabaikan, padahal dampaknya sangat berpengaruh pada produktivitas dan kualitas hidup.

Tekanan yang terus-menerus, beban kerja yang tinggi, tenggat waktu yang ketat, serta hubungan yang kurang harmonis dengan sesama karyawan menjadi beberapa faktor utama yang dapat mengganggu kesehatan mental di lingkungan kerja.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan dan para pekerja untuk menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental, salah satunya dengan mengetahui tanda-tandanya.

Dalam rangka memperingati World Mental Health Day 2024 yang jatuh pada 10 Oktober kemarin, Psikolog Jane Cindy Linardi, M.Psi., S.Psi dari RS Pondok Indah - Bintaro Jaya menjelaskan seperti apa tanda-tanda masalah kesehatan mental di tempat kerja sekaligus pemicunya.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Pemicu masalah kesehatan mental di tempat kerja

Psikolog Jane Cindy Linardi, M.Psi., S.Psi menjelaskan bahwa burnout terhadap tekanan pekerjaan merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh pekerja.

“Ketika burnout terjadi, dampaknya bisa membuat hasil pekerjaan tidak optimal atau tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan.” ujar Jane.

Pemicu masalah kesehatan mental di tempat kerja pun beragam, seperti beban kerja yang berat hingga lamanya perjalanan menuju tempat kerja.

“Masalah kesehatan mental di tempat kerja umumnya disebabkan oleh beban kerja yang terlalu berat dan sulitnya mengelola waktu untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan skala prioritas.” jelas Jane.

“Selain itu, ada juga tendensi karyawan terpaksa mengerjakan hal-hal yang tidak sesuai dengan jobdesc-nya karena merasa sungkan untuk menolak permintaan dari atasan/senior. Durasi perjalanan juga dapat menjadi salah satu pemicu gangguan kesehatan mental pekerja.” sambungnya.  

Tanda-tanda awal burnout yang sering tidak disadari oleh pekerja

Jane mengatakan ada beberapa tanda burnout yang kerap tidak disadari oleh pengidapnya antara lain:

Baca Juga: Bahayanya Sama Seperti Rokok, WHO Ungkap Kecanduan Gadget Bisa Memicu Gangguan Kesehatan Mental