Find Us On Social Media :

Kasus Malaria di Indonesia Capai Jutaan Orang, Ini Upaya Pemberantasan yang Dilakukan Kemenkes

Kasus malaria di Indonesia mencapai jutaan orang

GridHEALTH.id – Malaria merupakan salah satu penyakit yang sangat menular dan mematikan.

Berdasarkan data WHO, malaria menempati peringkat ketiga penyakit paling mematikan di dunia, dengan 2-3 juta kasus baru setiap tahun.

Sedangkan, di Indonesia, kasus malaria tercatat sebanyak 1,2 juta orang, dengan angka kematian mencapai sekitar 100.000 per tahun.

Untuk memberantas malaria, pemerintah Indonesia pun telah telah membuat langkah signifikan.

Mengutip dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, hingga Juni 2024, sekitar 77% (398 dari 514) kabupaten/kota telah menerima sertifikat eliminasi malaria, sementara 23% sisanya berada di jalur yang tepat untuk mencapai target tersebut.

Namun, Indonesia masih mencatat sekitar 400.000 kasus malaria setiap tahunnya.

Karena itu, pemerintah tetap teguh pada komitmennya untuk mencapai status bebas malaria pada 2030, sebagaimana tercantum dalam Prioritas Pembangunan Nasional 2020-2024, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, dan Peraturan Menteri Kesehatan No. 22 Tahun 2022 tentang Upaya Pemberantasan Malaria.

Untuk memperkuat komitmen ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan Peta Jalan Eliminasi Malaria dan Pencegahan Penularan Kembali untuk periode 2025-2045 di Jakarta pada Kamis (10/10/2024). 

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, dulu dunia menghadapi peperangan dengan senjata, tetapi sekarang dunia “berperang” melawan berbagai penyakit menular yang disebabkan oleh patogen seperti bakteri, virus, dan parasit, yang menimbulkan penyakit-penyakit berbahaya.

Peluncuran peta jalan ini diharapkan dapat menggalang dukungan dan komitmen dari berbagai pihak, terutama pemimpin negara-negara berkembang, untuk menyuarakan pentingnya pemberantasan malaria.

Sebab, angka kematian akibat malaria lebih tinggi dibandingkan perang pada umumnya.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Hindari Gigitan Nyamuk dan Penyakit yang Dibawanya