Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Gizi Lengkap Keluarga Sehat Tidak Terpenuhi, Berikut 6 Tanda-tanda Wasting pada Anak

Tanda-tanda wasting pada anak, bisa jadi karena tidak ada gizi lengkap keluarga sehat

GridHEALTH.id – Wasting adalah kondisi serius yang ditandai dengan berat badan yang sangat rendah dibandingkan dengan tinggi badan, yang mengindikasikan malnutrisi akut pada anak.

Wasting terjadi ketika tubuh anak tidak mendapatkan asupan nutrisi dan gizi lengkap keluarga sehat untuk memenuhi kebutuhan energi harian, sehingga tubuh mulai kehilangan massa otot dan lemak.

Kondisi ini perlu segera diatasi karena dapat berdampak pada kesehatan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

Lantas, apa tanda-tanda wasting pada anak? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Tanda-tanda wasting pada anak

Inilah beberapa tanda wasting pada anak yang perlu diwaspadai.

1. Berat badan rendah dibanding tinggi badan

Tanda utama wasting adalah berat badan anak yang jauh lebih rendah dibandingkan tinggi badannya. Secara umum, anak dengan wasting memiliki tubuh yang kurus kering, di mana otot dan lemak tubuh sudah menurun drastis.

Jika berat badan anak turun secara signifikan dalam waktu singkat tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi tanda adanya wasting.

2. Kehilangan massa otot dan lemak

Anak yang mengalami wasting akan terlihat kurus secara ekstrem karena hilangnya massa otot dan lemak tubuh. Lengan dan kaki anak terlihat sangat tipis, dan tulang mungkin terlihat lebih jelas.

Kehilangan massa otot adalah tanda bahwa tubuh tidak mendapatkan cukup protein dan nutrisi untuk mempertahankan jaringan tubuh yang sehat.

3. Lemah dan lemas

Kekurangan nutrisi menyebabkan anak menjadi mudah lelah dan terlihat tidak berenergi. Anak dengan wasting mungkin terlihat lemah dan tidak bersemangat untuk beraktivitas fisik.

Mereka mungkin lebih sering mengantuk, sulit berkonsentrasi, dan tidak memiliki energi untuk bermain atau melakukan kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: Ciri-ciri Wasting pada Anak Sering Tidak Diketahui, Simak 6 Kondisi yang Mungkin Terjadi