Find Us On Social Media :

Skrining Bayi Baru Lahir Penting Agar Masalah Kesehatan Terdeteksi

Skrining dilakukan dokter untuk mencari tahu apakah ada masalah pada bayi yang patut diwaspadai.

GridHEALTH.id- Jangan anggap remeh pemeriksaan segera yang dilakukan pada bayi baru lahir. Karena secara umum skrining dilakukan dokter untuk mencari tahu apakah ada masalah pada bayi yang patut diwaspadai.

Baca Juga : Jangan Terkecoh Indahnya Mata bayi, Bisa Jadi Ada Masalah Penglihatan

Melansir laman Kidspot.co.nz, ada beberapa jenis skrining yang wajib dilakukan dokter pada bayi baru lahir. Berikut daftarnya;

1. Apgar

Pada bayi yang baru lahir, skrining apgar dilakukan sebanyak dua kali yaitu menit pertama dan kelima setelah bayi lahir.

Tes apgar adalah serangkaian pemeriksaan yang dilakukan untuk menilai kemampuan bayi baru lahir dalam beradaptasi terhadap kehidupan di luar rahim ibu.

Terdapat lima hal yang diperiksa dalam tes ini, yaitu appearance (warna kulit), pulse (frekuensi denyut jantung), grimance (pernapasan), activity (aktif atau tidaknya tonus otot)dan reflex (reaksi terhadap rangsangan).

Baca Juga : Gangguan Pendengaran Langka, Tak Bisa Dengar Suara Lawan Jenis

Nantinya, dokter akan memberikan nilai terkait kondisi bayi.

Nilai 0-7 bayi artinya bayi secara keseluruhan bermasalah dan membutuhkan perawatan segera, nilai 4-7 bayi mengalami beberapa masalah pada tubuhnya serta dibutuhkan perawatan, dan nilai 7-10 menandakan bayi normal.