Find Us On Social Media :

Hamil Kosong, Terlihat Seperti Orang Hamil Tapi Tidak Ada Janinnya

Hamil kosong, mirip orang hamil tapi tidak ada janinnya di rahim

GridHEALTH.idHamil atau kehamilan kosong atau istilah medisnya Blighted Ovum (BO), adalah tidak terdapat janin dalam rahim lantaran telur yang telah dibuahi gagal tumbuh menjadi janin.

Pada saat sel sperma membuahi sel telur yang matang terjadi gangguan.

Penyebabnya menurut dr. Bambang Fadjar, SpOG., dari RS Internasional Bintaro, bisa disebabkan kualitas telur/sperma yang buruk, ibu mengidap infeksi TORCH (Toksoplasmosis, Others (antara lain HIV, sipilis, klamidia), Rubella, Cytomegalovirus, Herpes), atau lainnya, sehingga unsur janin tidak berkembang sama sekali.

Baca Juga : Kandungan Urine di Kolam Renang Umum Setara 20 Galon Lebih, Ini Ancamannya Jika Urine Bercampur Kaporit

Padahal hasil konsepsi tetap tertanam di dalam rahim dan rahim tetap mengirim sinyal pada indung telur serta otak bahwa sudah terdapat hasil konsepsi.

Nah, hormon yang dikirimkan oleh hasil konsepsi tersebut akan menimbulkan tanda-tanda kehamilan seperti mual, muntah, ngidam dan lainnya yang lazim dialami ibu hamil. Itulah mengapa, meski terjadi BO, ibu tetap menunjukkan tanda-tanda telah terjadi kehamilan.

Untuk diketahui, menurut Bambang, BO baru dapat dideteksi di usia kehamilan 6-7 minggu, itu pun harus dengan USG transvaginal.

Baca Juga : Viral Wanita Meninggal Saat Berhubungan Intim dengan Selingkuhan di Hotel, Peneliti: 'Selingkuh Tingatkan Risiko Penyakit Jantung'!

Pasalnya, saat itu kantung kehamilan sudah terlihat lebih jelas, berukuran lebih dari 16 milimeter, sehingga akan ketahuan apakah kantung kehamilan kosong atau didiami janin.

Baca Juga : Pilih-pilih Pelembab Mata Sehat Sesuai Tempat Tinggal dan Kondisi 

Setelah diketahui bahwa ibu mengalami BO, selanjutnya akan dilakukan tindakan kuretase oleh dokter apabila tak terjadi menimbulkan keguguran spontan.

Kuretase dilakukan, selain untuk membersihkan rahim, juga bermanfaat untuk menghindari perdarahan atau infeksi yang mungkin terjadi jika kelak si ibu benar-benar hamil.