Find Us On Social Media :

Obat Kedaluwarsa Ternyata Masih Bisa Digunakan, Tapi Ada Syaratnya

Menurut penelitian di Inggris, obat kedaluwarsa masih bisa dipakai dengan syarat tertentu.

GridHEALTH.id- Menemukan obat kedaluwarsa di lemari obat, tapi secara penampakan masih bagus. Lalu apakah perlu dibuang? Sebuah studi membuktikan obat-obat ini masih bisa digunakan.

Baca Juga : Obat Pereda Rasa Nyeri, Bebas Konsumsi atau Perlu Resep Dokter? Ini Penjelasannya

Mengutip dari Daily Mail, bahkan obat-obatan yang bertahun-tahun telah melewati tanggal kedaluwarsanya namun tetap disimpan dalam tempat yang jauh dari sinar matahari masih memiliki manfaat. 

Ini mungkin menjadi kabar baik bagi mereka yang bekerja di daerah terpencil di dunia di mana kadang-kadang obat kedaluwarsa adalah satu-satunya yang tersedia.   

Hal ini ditulis dalam Journal of Wilderness and Environmental Medicine.  "Tanggal kedaluwarsa pada paket obat adalah tanggal terakhir sebuah perusahaan obat akan menjamin kandungan dan stabilitas obat ketika disimpan dalam kondisi yang direkomendasikan dan dalam kemasan aslinya," kata penulis utama penelitian yaitu Dr. Emma Browne dari British Medical Antartic Survey Medical Unit di Plymouth, UK. 

"Tanggal ini belum tentu merupakan titik di mana obat menjadi tidak efektif atau berbahaya. Untuk beberapa obat, ini mungkin menjadi jauh lebih lama dari tanggal kedaluwarsa, yakni dua hingga tiga tahun," tambahnya. 

Di beberapa bagian dunia, dokter menghadapi kesulitan mendapatkan obat yang masa kedaluwarsanya lebih dari setahun. 

Ini juga mungkin mahal bagi komunitas kecil atau kelompok ekspedisi untuk mengganti obat yang tidak digunakan. 

Baca Juga : Ini Dia, 6 Cara Atasi Nyeri Lutut Dengan Mudah dan Murah

Browne menambahkan, dokter harus memutuskan apakah lebih aman memberikan obat  kedaluwarsa atau tidak mengobati seseorang dalam kondisi tertentu.  "Hal ini tentu menjadi dilema yang sangat besar," tuturnya.