Find Us On Social Media :

Kamus Kecil Istilah Medis, Sering Kita Dengar Belum Banyak Diketahui-2

Kamus kecil istilah medis untuk awam

GridHEALTH.id – Setelah mengetahui kamus kecil istilah medis yang mengulas mengenai apa itu Barium, uji Bernstein, CT Scan, Endoskopi.

Ssekarang kita akan membahas kamus kecil istilah kedokteran yang mengulas tentang apa itu Laparoskopi, EEG, ECG, Metode Enzyme Immunoassay Dot, Intubasi.

Semoga kamus kecil ini bisa memberi manfaat bagi kita, para orangtua selaku kalangan awam.

Laparoskopi

Adalah pemeriksaan rongga perut dengan menggunakan endoskop.

Laparoskopi biasanya dilakukan dalam keadaan penderita terbius total.

Setelah kulit dibersihkan dengan antiseptik, dibuatlah sayatan kecil, biasanya dekat pusar. Kemudian endoskop dimasukkan melalui sayatan tersebut ke dalam rongga perut.

Langkah ini ditempuh agar dokter bisa mencari tahu mengenai tumor atau kelainan lainnya, mengamati organ-organ dalam rongga perut, memperoleh contoh jaringan, ataupun melakukan pembedahan perbaikan.

Teknologi pembedahan ini termasuk dalam bedah minimal invasif.

EEG (Electroencephalogram)

Berdasarkan EEG, dokter bisa mengetahui aktivitas kelistrikan otak. Awalnya, EEG digunakan untuk mengevaluasi infeksi susunan saraf pusat, adanya trauma kepala, epilepsi dan tumor otak.

Namun saat ini EEG juga bisa dimanfaatkan untuk mengindikasi gangguan fungsi otak akibat kelainan metabolisme, problema psikiatri akibat kelainan organik otak dan problema tingkah laku pada anak.