Find Us On Social Media :

Putri Keempat Joanna Alexandria Idap Penyakit Langka, Ini 4 Daftar Penyakit Langka Lain yang Biasa Diidap Anak-anak

Joanna dan baby Zio

GridHEALTH.id - Aktris cantik yang berperan dalam film 'The Tarix Jabrix 2' saat ini tengah sibuk merawat buah hatinya yang keempat, Ziona Eden Alexandra Panggabean.

Pasalnya, putri yang kerap disapa baby Zio ini diketahui mengidap penyakit langka, yaitu Displasia Campomelic atau CMD.

Kelainan genetik ini membuat Baby Zio mengalami masalah seperti pembengkokan kaki serta gangguan menelan.

Baca Juga : Wanita Asal Minahasa Meninggal Usai Lahirkan Bayi Kembar Sendirian Akibat Terbiasa Lahirkan Tanpa Bantuan Medis, Ini Bahayanya!

Ziona yang lahir pada 24 Mei 2017 ini didiagnosa menderita dispalsia sejak lahir dan membuat sistem reproduksi, tulang hingga pernapasannya bermasalah.

"Zio waktu lahir enggak langsung nangis, kaki kirinya juga masuk ke dalam, ada lubang di jantung, kelainan pendengaran, ada gangguan menelan. Mencar-mencar di satu tubuh yang buat aku bingung sendiri ini penyakitnya apa namanya," ujar Joanna dalam acara Hari Penyakit Langka pada Rabu (27/2/2019) kemarin.

Selain penyakit CMD ini, sebenarnya masih cukup banyak penyakit langka yang bisa diderita bayi sejak lahir.

Melansir laman raredeseaseday.org, berikut 5 penyakit langka tersebut.

1. Batten

Berdasarkan laman Very Well Health, penyakit batten adalah penyakit yang sangat langka dan fatal yang memengaruhi sistem saraf.

Sebagian besar anak-anak mulai menunjukkan gejala antara 5 dan 10 tahun, ketika anak yang sebelumnya sehat mungkin mulai menunjukkan tanda-tanda kejang atau masalah penglihatan.