Find Us On Social Media :

Ibu Hamil Sakit Jantung Wajib Waspada Jika Temukan Tanda-tanda Berikut

Ibu hamil dengan penyakit jantung wajib mengetahui tand-tnda darurat berikut

GridHEALTH.idIbu hamil dengan penyakit jantung bisa hamil sehat dan nyaman. Selama mengikuti apa yang dianjurkan dokter.

Selain itu ibu hamil dengan penyakit jantung pun wajib mengenali aneka kondisi yang bisa membahayakan dirinya juga janin yang dikandung.

Selama kehamilan muncul gejala atau keluhan yang dirasakan ibu hamil yang merupakan bagian dari proses kehamilan normal.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan 'Super Food' Agar Si Kecil Tidak Mudah Sakit

Menurut dr. Oni Khonsa, Sp.OG., dari SMF Kebidanan dan Kandungan RS Persahabatan Jakarta Timur, keluhan yang berhubungan dengan pernapasan dan jantung sering kali menyerupai gejala kelainan jantung itu sendiri.

Keluhan yang masih dianggap biasa (normal) adalah:

Baca Juga : Wanita Asal Minahasa Meninggal Usai Lahirkan Bayi Kembar Sendirian Akibat Terbiasa Lahirkan Tanpa Bantuan Medis, Ini Bahayanya!

Keluhan yang sudah dapat dianggap abnormal adalah:

Baca Juga : Hobi Naik Motor Seperti Dilan? Jangan Lupakan 5 Perlengakapan Aman Ini

“Tak kalah pentingnya harus diperhatikan oleh ibu hamil yang menderita penyakit jantung adalah proses persalinan,” jelas Oni mengingatkan.

Menurut Oni ibu dengan penyakit jantung dianjurkan melahirkan di rumah sakit yang memiliki peralatan lengkap ditambah dengan dokter ahli kandungan dan kebidanan serta spesialis lain seperti jantung, anak dan anestesi.

Ini penting karena kehamilan dengan kelainan jantung memerlukan penanganan multidisiplin dengan fasilitas pemantauan yang lengkap. Hingga, bila saat persalinan terjadi kegawatan, bisa langsung ditangani.